Gagal di Piala AFF, Shin Tae Yong: Turnamen Berikutnya Kami Calon Juara

  • Arry
  • 2 Jan 2022 11:50
Pelatih Shin Tae Yong(aff suzuki cup/affsuzukicup2020.com)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memuji skuat Tim Garuda saat melawan Thailand dalam leg kedua babak final Piala AFF. Meski hanya bermain imbang 2-2, Timnas Indonesia dinilai sudah cukup berkembang.

Dalam duel Thailand vsIndonesia di leg kedua yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu, 1 Januari 2022, Indonesia mencetak gol melalui Ricky Kambuaya (7') dan Egy Maulana Vikri (80'). Sementara gol Thailand dicetak Adisak Kraisorn (54') dan Sarach Yooyen (56').

Dengan hasil ini Thailand unggul 6-2 atas Indonesia setelah Tim Gajah Perang menang 4-0 di leg pertama pada 29 Desember 2021. Kemenangan ini membuat Thailand menjadi negara paling banyak meraih Piala AFF dengan 6 trofi, sedangkan Indonesia menjadi runner up sebanyak 6 kali.

Baca Juga
Indonesia Sabet Tim Fair Play, Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

"Para pemain kami masih muda. Leg pertama pemain kami kurang pengalaman. Leg kedua permainan membaik tapi seri. Dengan pengalaman ini, kami akan maju ke depan," kata Shin Tae-yong seusai laga.

"Ada beberapa turnamen berikutnya. Turnamen berikutnya kami akan menjadi calon juara, maka harus disiapkan dengan baik agar bisa juara turnamen berikutnya," ujarnya.

Baca Juga
Thailand vs Indonesia 2-2 Berlangsung Sengit, Thailand Juara Piala AFF

"Akhirnya sudah selesai partai final. Leg pertama kami tak lakukan permainan yang diinginkan," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

"Kedua, begitu ada pengalaman yang baik memang pemain sangat bekerja keras menampilkan permainan yang kami inginkan. Saya mau memuji pemain soal itu," jelasnya.

Berdasarkan data statistik dari laman resmi AFF Suzuki Cup, permainan Indonesia pada leg kedua ini jauh lebih membaik.

Baca Juga
Timnas Gagal Juara Piala AFF, Presiden Jokowi: Saya Tetap Bangga

Dalam pertandingan kali ini, Indonesia berhasil menciptakan 5 peluang dan dua di antaranya bersarang ke gawang Thailand. Pada leg pertama, Indonesia hanya memiliki 4 kesempatan menendang bola ke gawang Thailand, namun dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Sementara itu, Indonesia juga berhasil membuat pemain Thailand tidak leluasa melakukan serangan ke petahanan Merah Putih. Pada leg kedua, Timnas Thailand memiliki 10 kesempatan menendang bola ke gawang Indonesia, lima mengarah ke gawang dan lima lainnya melenceng. Dari jumlah itu, Thailand mencetak dua gol.

Sementara pada leg pertama, Thailand bisa menciptakan 17 kali tendangan. Sebanyak 9 kesempatan mengarah ke gawang Indonesia dan 8 melenceng dan empat di antaranya bersarang ke gawang Indonesia.

Simak statistik leg kedua Thailand vs Indonesia di bawah ini:

Statistik Thailand vs Indonesia

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait