8 Pemain Timnas Positif Covid Jelang Indonesia vs Timor Leste

  • Arry
  • 31 Jan 2022 10:57
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020(aff suzuki cup/affsuzukicup2020.com)

Kabar kurang menggembirakan datang dari Timnas Indonesia. Sebanyak delapan pemain terpapar virus Covid-19. Mereka pun urung bertanding dalam duel Indonesia vs Timor Leste.

Kabar ini mencuat saat Timnas Indonesia hanya membawa lima pemain cadangan saat melawan Timor Leste dalam FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu, 30 Januari 2022.

Dalam pertandingan itu pelatih Shin Tae Yong hanya memasukan nama Ernando Ari, Achmad Figo Ramadani, Edo Febriansah, Sani Rizki Fauzi, dan Dedik Setiawan sebagai pemain cadangan.

Padahal nama-nama seperti Evan Dimas Darmono, Irfan Jaya, Syahrul Trisna, Rizki Ridho, Rizky Dwi, Muhammad Rafli, Syahrian Abimanyu, dan Muhammad Adi Satryo terdaftar dalam skuat yang dibawa Shin tae Yong.

Baca Juga
Indonesia vs Timor Leste 3-0, Ricky Kambuaya Jadi Bintang

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengakui pemain-pemain tersebut harus absen lantaran positif virus Covid-19. Padahal para pemain sudah melakukan tes PCR dan menjalankan protokol kesehatan.

"Sebenarnya kami setiap hari melakukan test PCR dan protokol lebih ketat dari waktu-waktu lain. Jadi, sampai ada delapan pemain yang positif akhirnya tidak bisa ikut pertandingan hari ini," kata Shin Tae Yong.

"Sebenarnya porkes sangat kita patuhi dengan baik, tetapi dengan terjadi situasi seperti ini, saya sangat bingung dan tidak tahu bagaimana," sambungnya.

Baca Juga
Babak I Indonesia vs Timor Leste: 2-0

"Kalau untuk masalah masalah corona ini kami harus mempertimbangkan lagi bagaimana untuk ke depannya," pungkasnya.

Soal pemain yang terkena Covid diakui PSSI. Namun PSSI menyatakan pemain yang positif Covid sebanyak tujuh orang, bukan delapan.

"Setelah dilakukan swab PCR, Hanis Saghara dinyatakan negatif sehingga total yang positif sebanyak tujuh pemain," tulis PSSI dalam keterangan tertulisnya.

"Mereka yang terpapar Covid-19 langsung diisolasi dan diberikan obat. Saya yakin mereka akan kembali pulih dalam 3-4 hari," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

"Pemain sepak bola biasanya memiliki antibodi dan fisik yang mumpuni. Jadi kalau pun kena biasanya tanpa gejala," ucap Yunus tanpa menjelaskan siapa saja pemain yang terpapar Covid-19.

Meski tidak dapat diperkuat 7 pemain, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Timor Leste dengan telak yakni 3-0. Tiga gol Indonesia dicetak Terens Puhiri, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait