SEA Games 2021: Bungkam Filipina 4-0, Indonesia Naik Puncak Klasemen Grup A

  • Arry
  • 13 Mei 2022 18:08
Timnas Indonesia merayakan gol kemenangan atas Filipina di penyisihan Grup A SEA Games 2021(@pssi/instagram)

Timnas Indonesia meraih kemenangan 4-0 atas Filipina di penyisihan Grup A SEA Games 2021. Kemenangan ini membuat skuat Garuda Muda memperbesar peluang lolos ke semifinal.

Duel Indonesia vs Filipina digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat, 13 Mei 2022. Keempat gol Indonesia dicetak Muhammad Ridwan, Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri, dan Marselino Ferdinand dari titik penalti.

Di babak pertama, Filipina bermain terbuka dan langsung menyerang. Sejumlah peluang tercipta di awal babak pertama.

Skuat berjuluk Young Azkals itu memiliki peluang emas saat Scott Phillip melepaskan tembakan ke gawang Indonesia di menit ketujuh. Peluang emas itu dimentahkan kiper Ernando Ari.

Di menit ke-15 giliran Indonesia yang mendapatkan peluang emas. Namun tembakan Witan Sulaeman mampu dihalau kiper Filipina, Quincy Kameraad.

Tiga menit berselang, M Ridwan berhasil menjebol gawang Filipina. Pemain asal Persik Kediri itu memanfaatkan peluang yang dilepas Egy Maulana Vikri.

Indonesia vs Filipina 1-0.

Indonesia yang sudah unggul tak menurunkan tempo permainan. Sejumlah peluang tercipta namun gagal diselesaikan dengan baik.

Jelang akhir babak pertama atau di menit ke-44, Indonesia akhirnya menggandakan keunggulan saat Rizky Ridho merobek gawang Filipina melalui tandukannya.

Skor Indonesia vs Filipina berubah menjadi 2-0. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia terus menebar ancaman. Sementara Filipina hanya memanfaatkan serangan balik.

Meski demikian, Filipina memiliki peluang emas di menit ke-58. Kerjasama ciamik Dennis Chung dan Jovin Bedic berhasil lolos dari lini pertahanan Indonesia, beruntung tendangan Jovin hanya mengenai mistar gawang.

Pada menit ke-66 giliran Indonesia yang memiliki peluang emas. Namun, Marselino Ferdinand yang sudah berhadapan dengan kiper gagal menceploskan bola.

Timnas U-23 Indonesia memperlebar keunggulan di menit ke-74. Egy Maulana Vikri mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Irfan Jauhari.

Indonesia vs Filipina

Indonesia memastikan kemenangan telak 4-0 pada menit ke-85. Gol berawal saat Ronaldo Kwateh dilanggar di kotak penalti. Marselino yang menjadi algojo berhasil melaksanakan tugasnya.

Kemenangan ini membuat Indonesia untuk sementara berada di puncak klasemen Grup A dengan raihan 6 poin dari tiga laga. Indonesia menang selisih gol dari Myanmar yang juga mengoleksi poin sama. Myanmar sendiri baru akan bermain malam ini melawan tuan rumah Vietnam.

Susunan Pemain

Indonesia U-23 XI: Ernando Ari Sutaryadi; Fachruddin Aryanto, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya, Asnawi Mangkualam, Muhammad Ridwan, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Marc Klok, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga

Pelatih: Shin Tae-yong

Filipina U-23 XI: Quincy Kammeraad; Scott Phillip, Enrique Linares, Oskari Kekkonen, Dennis Chung Salazar, Jovin Bedic, Oliver Bias, Yrick Gallantes, Miguel Antonio Mendoza, Jaime Rosquillo, Christian Mangaron

Pelatih: Norman Fegidero

 

Artikel lainnya

Berita Terkait