Rekor Mentereng Jose Mourinho Usai Bawa AS Roma Juara Conference League

  • Arry
  • 26 Mei 2022 10:28
Jose Mourinho mengantarkan AS Roma juara Conference League(@asromaen/twitter)

Jose Mourinho mencatatkan rekor tersendiri di saat mengantarkan AS Roma menjadi juara Conference League. Di partai AS Roma mengalahkan Feyenoord 1-0.

Duel AS Roma vs Feyenoord ini tersaji di Air Albania Stadium, Kamis, 26 Mei 2022 dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan I Lupi dicetak Nicolo Zaniolo pada menit ke-32.

Dengan hasil ini AS Roma menjadi tim pertama yang memenangi Conference League. Trofi ini juga menjadi yang pertama diraih I Lupi sejak 2008.

Tak hanya AS Roma, Jose Mourinho juga mencatatkan sejarah. Dia menjadi pelatih pertama yang mampu meraih tiga tofi di kasta tertinggi kompetisi Eropa.

Saat ini Mourinho juga menjadi pelatih pertama yang selalu menang di partai final Eropa. Dan kemenangan itu diraih di empat tim berbeda.

Saat menukangi FC Porto, Mourinho berhasil membawa klub asal Portugal itu meraih juara Piala UEFA pada 2003 dan Liga Champions pada 2004. Ketika menukangi Inter Milan, pelatih asal Portugal itu juga sukses membawa I Nerazzuri menjadi juara Liga Champions pada 2010.

Baca juga
AS Roma Juara Conference League

Kemudian pada 2017, Mourinho melanjutkan kejayaannya saat membawa Manchester United meraih gelar Liga Europa. Dan kini Mourinho berhasil membawa AS Roma juara Conference League.

Pada tingkat klub, Mourinho juga tercatat selalu sukses membawa timnya menjadi juara lokal. Dia tercatat membawa FC Porto juara liga Portugal, Chelsea juara Premier League, Inter Milan juara Serie A Italia, dan Real Madrid menjadi juara La Liga Spanyol.

Selain itu, Mourinho menyamai catatan pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni, yang juga telah mengoleksi lima trofi di kompetisi Eropa.

Berikut catatan gelar Jose Mourinho di Kompetisi Antarklub Eropa:

  • Piala UEFA 2002/03: Porto vs Celtic 3-2
  • Liga Champions 2003/04: Porto vs AS Monaco 3-0
  • Liga Champions 2009/10: Inter Milan 2-0 Bayern Munich
  • Liga Europa 2016/17: Manchester United 2-0 Ajax Amsterdam
  • UEFA Conference League 2021/22: AS Roma 1-0 Feyenoord

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait