Cetak Sejarah, Simak Kiprah Maroko hingga Tembus Semifinal Piala Dunia 2022

  • Arry
  • 11 Des 2022 13:12
Para pemain Maroko sujud sukur usai menang lawan Spanyol di babak 16 Besar Piala Dunia 2022 lewat drama adu penalti(fifa world cup/fifa.com)

Timnas Maroko bikin geger Piala Dunia 2022. Wakil dari Benua Afrika itu membuat kejutan hingga melejit ke babak semifinal perhelatan sepakbola akbar sejagat itu.

Kemenangan Maroko atas Portugal lewat gol tunggal Youssef En Nesyri di babak perempatfinal menempatkan Singa Atlas melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Catatan sejarah langsung dicetak Hakim Ziyech Cs.

Ya, Maroko kini menjadi tim Afrika pertama yang akan berlaga di babak semifinal Piala Dunia 2022. Sebelum Piala Dunia edisi Qatar, negara-negara Afrika seperti Kamerun, Senegal, dan Ghana selalu mentok di babak perempatfinal.

    Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia 0-0

Simak perjalanan Maroko di Piala Dunia 2022 di bawah ini:

  • Lolos ke Piala Dunia 2022 lewat jalur Playoff

Maroko lolos ke Piala Dunia 2022 lewat jalur babak playoff dari Konfederasi Sepakbola Afrika. Mereka lolos usai mengalahkan Kongo dengan skor 5-2.

Piala Dunia 2022 ini menjadi kali ke-6 Maroko berlaga di ajang pesta akbar sepakbola sejagat itu. Prestasi terbaik yang mereka torehkan adalah di Piala Dunia 1986 di Meksiko yang mencapai babak 16 besar.

Baca juga
Grup F Piala Dunia 2022: Kroasia Tendang Belgia, Maroko Segel Tiket 16 Besar

  • Tergabung di Grup F

Di Piala Dunia 2022, Maroko tergabung di Grup F bersama dengan tim kuat seperti Kroasia dan Belgia, serta Kanada. Kroasia adalah runner up Piala Dunia 2018. Sementara Belgia merupakan tim yang memiliki rangking 2 di FIFA. Maroko sendiri nangkring di peringkat 22 FIFA.

  • Juara Grup F

Di pertandingan pertama, Maroko menahan imbang Kroasia tanpa gol. Di pertandingan kedua, Maroko secara mengejutkan mengalahkan Belgia dengan skor 2-0. Gol dicetak Romain Saiss dan Zakaria Aboukhlal.

Baca juga
Grup F Piala Dunia 2022: Maroko Bikin Kejutan, Cukur Belgia 2-0

Di pertandingan ketiga giliran Kanada yang dikalahkan Maroko. Singa Atlas menang dengan skor 2-1 lewat gol yang dicetak Hakim Ziyech dan Youssef En Nesyri.

    Piala Dunia 2022: Kanada vs Maroko 1-2. Pemain Maroko merayakan kemenangan sekaligus lolosnya mereka ke 16 Besar Piala Dunia

Kemenangan ini membawa Maroko menjadi juara Grup F. Mereka pun lolos ke babak 16 Besar dan menantang tim kuat Spanyol.

  • Hantam Spanyol dan Portugal

Prestassi gemilang Maroko berlanjut di 16 Besar. Singa Atlas menerkam matador-matador Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 3-0, setelah bermain 0-0 selama 120 menit.

    Maroko vs Spanyol 0-0, adu penalti: 3-0

Maroko pun lanjut ke perempatfinal. Di babak 8 besar ini, Maroko menantang Portugal.

Di perempatfinal, Maroko pun kembali tampil ciamik. Mereka menang 1-0 atas Portugal lewat gol tunggal Youssef En Nesyri. Kemenangan ini pun membuat Maroko lanjut ke babak semifinal. Mereka akan melawan Timnas Prancis, sang juara bertahan Piala Dunia.

    Maroko vs Portugal 1-0, Sundulan maut Youssef En-Neysri membawa Singa Atlas melaju ke semifinal Piala Dunia 2022

Keberhasilan Maroko ke semifinal ini pun juga sekaligus mengulangi prestasi dari Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai tim di luar Amerika Latin dan Eropa yang mampu masuk semifinal. Amerika Serikat melakukannya di Piala Dunia 1930, sedangkan Korea Selatan pada edisi 2002.

Selanjutnya pemain Maroko yang mencuat di Piala Dunia 2022 >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait