Argentina ke Final Piala Dunia Usai Bungkam Kroasia 3-0

  • Arry
  • 14 Des 2022 04:02
Piala Dunia 2022: Argentina vs Kroasia 3-0, Argentina memastikan tiket ke final Piala Dunia 2022. Julian Alvarez mencetak brace dalam pertandingan ini(fifa world cup/fifa.com)

Argentina memastikan tiket ke final Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat setelah Tim Tango mengalahkan Kroasia dengan skor telak 3-0.

Duel Argentina vs Kroasia di babak semifinal digelar di Lusail Stadium, Rabu, 14 Desember 2022 dini hari WIB. Julian Alvarez menjadi bintang kemenangan Argentina dengan mencetak brace.

Kroasia memulai kickoff babak pertama. Kedua tim bermain hati-hati di awal pertandingan.

Namun memasuki menit ke-10, kedua tim mulai panas. Pada menit ke-16 Kroasia mendapat peluang dari sepak pojok. Namun sundulan Dejan Lovren masih melambung.

Di menit ke-25, tembakan Enzo Fernandez dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Di menit ke-31, Argentina mendpaat hadiah penalti. Hal ini bermula dari serangan balik yang dibangun Julian Alvarez. Aksinya menerobos lapangan tengah Kroasia akhirnya harus dijegal di kotak penalti oleh kiper Livakovic. Wasit langsung menunjuk titik putih.

Lionel Messi maju sebagai eksekutor, Tendangan La Pulga keras menghujam pojok kiri gawang Kroasia. Argentina vs Kroasia 1-0.

    Argentina vs Kroasia: Liionel Messi mencetak gol pertama Tim Tango lewat titik penalti

Tertinggal satu gol, Kroasia mencoba membalas. Namun, serangan mereka selalu kandas lantaran pertahanan ketat yang diperagakan pemain Argentina.

Pada menit ke-39, Argentina justru kembali menambah gol. Lewat skema serangan balik, Alvarez yang menggiring bola dari tengah lapangan gagal dihalau pemain Kroasia. Josip Juranovic dan Borna Sosa berturut-turut mencoba memotong bola, namun gagal.

Alvarez berhasil menguasai bola dan kemudian menjebol gawang Kroasia. Argentina vs Kroasia 2-0.

    Argentina vs Kroasia: Julian Alvarez mencetak gol kedua Argentina dan membuat skor menjadi 2-0

Argentinya nyaris memperlebar keunggulan di menit ke-42. Sayang sundulan Alexis MacAllister masih bisa ditepis kiper Livakovic.

Hingga babak pertama berakhir, skor Argentina vs Kroasia tetap bertahan 2-0.

Di babak kedua, Kroasia mencoba mengambil alih serangan untuk mengejar defisit gol. Namun Argentina sudah mengantisipasi dengan pertahanan yang ketat dan sesekali melakukan serangan balik cepat.

Taktik yang dikembangkan Argentina berhasil membuat Kroasia frustasi. Berulang kali Luka Modric Cs gagal membongkar pertahanan Argentina.

Keasyikan menyerang, Kroasia kembali kebobolan melalui skema serangan balik.

Pada menit ke-69, Alvarez kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari aksi solo Lionel Messi dari sisi kanan. Dia menggiring bola hingga ke kotak penalti dan kemudian mengoper bola ke Alvarez yang berdiri tanpa penjagaan.

Alvarez dengan mudah menceploskan bola ke gawang Livakovic. Argentina vs Kroasia 3-0.

    Argentina vs Kroasia: Julian Alvarez membawa Argentina unggul 3-0

Di menit ke-72, Kroasia mencoba memperkecil ketertinggalan. Tembakan bebas Ivan Perisic masih bisa ditangkap kiper Emiliano Martinez.

Pada menit ke-85, Dejan Lovren nyaris mencetak gol. Namun sundulannya usai menerima umpan Perisic masih melambung.

Hingga akhir pertandingan, tak ada lagi gol tercipta. Argentina vs Kroasia tetap 3-0.

    Piala Dunia 2022: Argentina vs Kroasia 3-0, Argentina memastikan tiket ke final Piala Dunia 2022. Julian Alvarez mencetak brace dalam pertandingan ini

Argentina pun memastikan lolos ke final Piala Dunia. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan 0-3 pada Piala Dunia 2018 dari Kroasia.

Di babak final Argentina akan melawan pemenang duel Prancis vs Maroko.

Susunan pemain

Argentina: Emiliano Martinez, Nahuel Molina (Juan FOYTH), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Enzo Fernandez, Leandro Paredes (Lisandro MARTINEZ), Alexis MacAllister (Angel CORREA), Rodrigo De Paul, Lionel Messi, Julian Alvarez (Paulo DYBALA).

Kroasia: Dominik Livakovic, Borna Sosa (Mislav ORSIC), Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic (Bruno PETKOVIC), Luka Modric (Lovro MAJER), Ivan Perisic, Andrej Kramaric (Marko LIVAJA), Mario Pasalic (Nikola VLASIC).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait