Jejak Dito Ariotedjo Menpora Pilihan Jokowi: Petinggi RANS Hingga Anak Buah Airlangga

  • Arry
  • 4 Apr 2023 12:11
Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo alias Dito Ariotedjo(@jokowi/twitter)

Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora. Dia menggantikan posisi Zainudin Amali yang fokus untuk menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Pelantikan Dito digelar di Istana Kepresidenan, Senin, 3 April 2023. Dito merupakan menteri yang berasal dari Partai Golkar.

Siapakah Dito Ariotedjo?

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022. AMPI adalah organisasi kepemudaan di bawah Partai Gollkar.

Baca juga
Zainudin Amali Mundur Sebagai Menpora Usai Jadi Waketum PSSI

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 ini adalah anak bungsu dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati. Sang ayah diketahui adalah mantan Dirut PT Antam.

Jejak Dito di bidang kepemudaan dan olahraga cukup mumpuni. Menteri yang masih berusia 32 tahun itu diketahui pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Selain itu, Dito juga adalah Chairman Rans Nusantara FC, klub sepakbola garapan Raffi Ahmad. Selain itu, Dito juga bagian dari Rans PIK Basketball. Namun, usai pelantikan ini, Dito memutuskan mundur dari Rans.

Sebelum terjun di bidang olahraga, Dito pernah menggeluti bidang energi. Dia pernah bekerja di Medco Power Indonesia milik Arifin Panigoro, sebagai business development.

Baca juga
Jokowi Kecewa dan Sedih Indonesia Dicoret FIFA: Jangan Saling Menyalahkan

Selain itu, Dito juga membangun bisnisnya sendiri dengan mendirikan Grupara Ventures, sebuah perusahaan yang mengelola modal investor untuk disalurkan ke perusahaan-perusahaan rintisan alias startup yang punya potensi maju.

Dia juga Freeware Spaces Group. Sebuah bisnis yang menyediakan coworking office di daerah Jakarta. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Wellspaces.co.

Namun, kini tidak diketahui nasib kedua bisnis dari Dito tersebut. Apakah masih berlanjut atau sudah gulung tikar.

Namun kesibukan terakhir Dito adalah menjabat staf khusus bidang hubungan antarlembaga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kementerian yang dipimpin Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar.

Artikel lainnya: Viral Es Krim Rasa Indomie Goreng, Sempat Dikira Hoax

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait