Iwan Bule Sebut Rumput JIS Penuhi Standar FIFA tapi Ada Masalah Lain

  • Arry
  • 9 Jul 2023 16:02
Jakarta International Stadium alias JIS(tribratanews/tribratanews.polri.go.id)

Mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, ikut berkomentar seputar kontroversi Jakarta International Stadium atau JIS. Dia mengungkapkan rumput JIS sudah sesuai dengan standar FIFA.

Iwan Bule menjelaskan, pernyataan tersebut berdasarkan hasil peninjauan FIFA ke stadion yang berada di utara Jakarta tersebut saat dia masih memimpin PSSI.

"Ya, saya enggak tahu sekarang apa rumput tersebut akan diganti atau tidak. Yang jelas waktu FIFA datang, ya, itu yang kami dengar, ya [rumput sudah sesuai standar]," kata Iwan Bule di Jakarta.

Iwan Bule menjelaskan, pada September 2022, PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi telah melakukan pemeriksaan terhadap JIS dalam rangka persiapan FIFA Match Day melawan Curacao. Hasilnya, rumput JIS sudah sesuai standar FIFA. Namun dia menemukan ada masalah lain di JIS.

Baca juga
PSSI Sodorkan 8 Stadion ke FIFA Calon Venue Piala Dunia U-17, Termasuk JIS

"Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA. Namun, yang kita soroti itu sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100 persen," pernyataan Yunus.

Iwan Bule pun menyerahkan sepenuhnya kepada Ketum PSSI Erick Thohir soal keputusan mengenai JIS.

"Jadi saya serahkan kepada yang akan merenovasi, ya, kalau memang kurang kurang sesuai standar FIFA, ya, harus dilakukan," tutur Iwan Bule.

"Yang jelas [JIS] memang dipersiapkan untuk lapangan sepak bola, tapi waktu itu sarana pendukungnya masih kurang, ya. Kalau rumput segala macam tanyakan saja kepada PSSI sekarang," ujarnya.

Baca juga
Pesan Anies Baswedan: JIS Bukan Miliknya, Monggo Direnovasi

Persoalan rumput JIS ini pertama kali diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengunjungi JIS pekan lalu. Saat itu Menteri Basuki datang bersama Ketum PSSI Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, dan Pj Gubernur DKI, Jakarta Heru Budi Hartono.

"Kondisi rumput JIS sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games 2018, jelas tidak masuk dalam standar FIFA,” ucap Basuki.

“Untuk rumput butuh Rp 6 miliar satu lapangan. InsyaAllah kalau diperiksa FIFA bisa memenuhi syarat untuk bisa dipakai. Sayang kalau stadion yang sudah begini tidak memenuhi syarat. Untuk itu kami upayakan supaya ini bisa masuk di dalam kriteria standar FIFA,” tutupnya.

Artikel lainnya: Segini Besaran Tarif LRT Jabodebek, Termurah Rp5.000

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait