FIFA Surati PSSI: Minta Rumput JIS Diganti

  • Arry
  • 26 Jul 2023 09:31
Jakarta International Stadium alias JIS(tribratanews/tribratanews.polri.go.id)

FIFA mengirimkan surat ke PSSI terkait kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Salah satu poinnya adalah meminta agar rumput Jakarta International Stadium atau JIS diganti.

Surat FIFA ini dibacakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Menurutnya, FIFA menilai ada sejumlah aspek keselamatan yang belum terpenuhi dari kondisi rumput JIS.

"Di sini (dalam surat) FIFA bilang rumput hybrid salah satunya memang harus diperbaiki karena jika tidak akan menjadi masalah, makanya harus diganti. Karena the outline above current sistem, on the carpet will purpose a major risk,” kata Erick Thohir, di Jakarta, Selasa, 25 Juli 2023.

"Jadi di sini jelas bahwa salah satunya ini harus diperbaiki, kalau tidak ini akan menjadi major risk saat pelaksanaannya. Jadi, memang harus diganti. Jangan nanti jadi polemik seakan-akan kami mempolitisir isu rumput," tambah dia.

Baca juga
JIS Didesain Antibanjir dan Ramah Pengunjung, Buro Happold: Tak Sesuai Desain Kami

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, menjelaskan, surat FIFA tersebut diterima PSSI pada 20 Juli 2023. Dalam suratnya, FIFA juga mengonfirmasi akan mengirim konsultan untuk mengecek 8 stadion yang sudah disodorkan PSSI. Rencananya, pengecekan stadion itu dilakukan pada pada 28 Juli-2 Agustus 2023.

"Kenapa bisa keluar surat sebelum inspeksi? Karena waktu itu kan mepet ya, makanya mereka [FIFA] berinisiatif untuk mengirimkan konsultan sendiri, meriset sendiri, kemudian mengirimkan hasil suratnya kepada kami," kata Tisha.

Erick Thohir menambahkan, PSSI merespons surat FIFA dengan meneruskan ke Kemenpora dan KemenPUPR agar renovasi sejumlah stadion dikebut. Sehingga pada saat konsultan FIFA datang, stadion sudah dalam keadaan siap.

Baca juga
3 Saran Buro Happold Untuk Perbaikan JIS: Tak Sebut Soal Rumput

"Dan tentu karena surat tersebut, saya juga melayangkan surat kepada Bapak Menpora untuk tanggal 24 Juli untuk segera mulai mengirim surat kepada PUPR untuk renovasi yang diperlukan, sesuai dengan catatan FIFA yang memang mereka akan turun ke lapangan cek sekali lagi," kata Erick.

Rencananya, Piala Dunia U-17 akan menggunakan delapan stadion. Sebanyak enam stadion sebelumnya sudah dipilih menjadi venue untuk Piala Dunia U-20 yang batal digelar di Indonesia.

Enam stadion yang sudah siap adalah Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadio Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Sedangkan dua stadion lainnya adalah Stadion Pakansari Bogor dan JIS.

Artikel lainnya: Fosil Gajah Purba Berusia Ratusan Ribu Tahun Ditemukan di NTT

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait