Lapangan JIS Tergenang Air: PSSI Salahkan Drainase, Jakpro Bilang Gini

  • Arry
  • 26 Nov 2023 17:18
Stadion Jakarta International Stadium banjir jelang pertandingan Brasil vs Argentina di babak 8 besar Piala Dunia U-17(newscast/newscast.id)

Lapangan Jakarta International Stadium atau JIS tergenang air jelang pertandingan Brasil vs Argentina di babak perempat final Piala Dunia U-17. PSSI dan Jakpro buka suara.

Akibat lapangan JIS yang tergenang, pertandingan Brasil U-17 vs Argentina U-17 yang digelar pada Jumat 24 November 2023, harus ditunda selama 30 menit.

Anggota Komite Eksekutif atau Exco PSSI, Arya Sinulingga, menuding lapangan JIS tergenang air lantaran drainase di stadion tersebut buruk.

"Urusan rumputnya botak sekalipun kalau drainasenya bagus, ya, pasti kecepatan air untuk mengering juga cepat," kata Arya Sinulingga, Minggu, 26 November 2023.

Baca juga
Stadion JIS Banjir, Duel Brasil U-17 vs Argentina U-17 Ditunda 30 Menit

Arya menegaskan rumput di lapangan JIS sudah bagus dan sesuai standar FIFA.

"Rumput (yang sekarang) baru sebulan ditanam, tapi FIFA percaya bahwa ini kualitas bagus, sehingga mengusulkan supaya JIS jadi tempat pertandingan terbanyak (di Piala Dunia U-17)," ujarnya.

Arya menjelaskan, rumput yang digunakan di JIS bukanlah rumput yang biasa dipakai untuk lapangan golf. Bahkan FIFA yang memilihkan rumput untuk dipasang di JIS.

"FIFA itu melihat beberapa tempat. Sempat mau ambil rumput dari Palembang dan Bali, kejauhan. Akhirnya diambil rumput lapangan dari stadionnya UPH," katanya.

Baca juga
Piala Dunia U-17: Brasil vs Argentina 0-3, Hattrick Echeverri

Arya pun mengklaim kualitas rumput sudah teruji selama Piala Dunia U-17. Sebab, lapangan tersebut dipakai selama dua pekan namun rumput tidak hancur.

"Kalau enggak bagus kualitasnya pasti udah hancur (rumput) itu," ucap Arya.

Mengenai tudingan PSSI, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin membantah soal kualitas drainase JIS yang buruk. Menurutnya, lapangan tergenang lantaran curah hujan yang tinggi.

"Sudah langsung kami tindak lanjuti, pengecekan seluruh sistem utilitas di lapangan dan memastikan semua bekerja dengan baik," kata Iwan.

"Memang semalam curah hujan sangat tinggi sekali dan juga yang tergenang hanya seperempat sisi barat lapangan," kata Iwan.

Artikel lainnya: Bentrokan Bitung Ormas vs Massa Bela Palestina, Polisi Dalami Info 2 Orang Tewas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait