FIFA: Rumput JIS Terbaik Dibanding 3 Venue Lain di Piala Dunia U-17

  • Arry
  • 29 Nov 2023 16:57
Kondisi rumput di Jakarta International Stadium atau JIS mendapat sorotan(fifa world cup/fifaplus.com)

Kontroversi Jakarta International Stadium atau JIS terus berlanjut selama perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia. Mulai rumput yang warnanya tidak seragam hingga tergenang air.

Namun, FIFA memberikan pujian untuk kualitas rumput dan lapangan JIS. Bahkan yang terbaik dibanding tiga venue lain yang digunakan selama Piala Dunia U-17.

Untuk diketahui, ada empat stadion yang digunakan selama Piala Dunia U-17. Selain di JIS, Piala Dunia U-17 juga digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Si Jalak Hrupat Bandung, dan Stadion Manahan Solo.

FIFA Pitch Management memberikan pujian untuk kualitas rumput JIS atau Jakarta International Stadium selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Badan sepak bola dunia tersebut tetap memuji meski JIS sempat mendapatkan sorotan dan kritik setelah terjadi genangan air pada laga Brasil vs Argentina.

Baca juga
Stadion JIS Banjir, Duel Brasil U-17 vs Argentina U-17 Ditunda 30 Menit

Menurut Pitch Management FIFA, kualitas rumput stadion anyar ibu kota itu bahkan yang terbaik dibandingkan tiga venue lainnya: Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

FIFA Pitch Management, pihak otoritas yang memonitor dan mengawal turnamen dari awal hingga akhir, menyatakan, sistem drainase dan rumput JIS sangat baik. Bahkan mampu bertahan maksimal meski dipakai dalam 16 pertandingan.

FIFA menyatakan JIS dipakai untuk 16 pertandingan dalam tempo 15 hari saja. Artinya, setiap hari JIS selalu digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17.

Jika dibandingkan, jumlah pertandingan yang digelar di JIS setara dengan pertandingan liga dalam kurun 4 bulan.

Baca juga
Bintang Argentina U-17: Rumput JIS Buruk, Rumput Si Jalak Harupat Lebih Bagus

"Visibilitas rumput yang baru tiga pekan dipasang memang belum maksimal, namun pantulan dan aliran bola selama 16 pertandingan di JIS merupakan yang terbaik di antara tiga venue lain," begitu pernyataan FIFA Pitch Management dikutip Rabu, 29 November 2023.

"JIS dan FIFA Pitch Management juga sepakat akan terus melakukan koordinasi setelah Piala Dunia U-17, agar ke depannya rumput yang dirawat dan dimonitor secara rutin oleh JIS dan FIFA juga PSSI bisa menjadi venue yang siap dan lebih baik lagi," kata FIFA lagi.

JIS diketahui menjadi tuan rumah untuk penyisihan Grup C yang terdiri dari Kaledonia Baru, Inggris, Brasil, dan Iran. Selain itu, JIS juga menggelar sejumlah laga dari Grup E yang terdiri dari Amerika Serikat, Prancis, Burkina Faso, dan Korea Selatan.

Puncaknya adalah pertandingan terakhir, yakni perempat final antara Brasil vs Argentina yang digelar pada Jumat, 24 November 2023. Laga ini sempat tertunda 30 menit lantaran lapangan tergenang air.

Artikel lainnya: Serbu! Garuda Indonesia Kasih Diskon Hingga 80% Untuk 10 Ribu Kursi, Cek Rutenya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait