Timnas Indonesia Tentukan Sendiri Nasibnya Lolos ke 16 Besar Piala Asia

  • Arry
  • 24 Jan 2024 10:00
Timnas Indonesia(pssi/pssi)

Peluang Timnas Indonesia lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 di ujung tanduk. Kini Asnawi Mangkualam harus menentukan sendiri nasibnya untuk lolos tanpa berharap pada tim lain.

Laga Timnas Indonesia vs Jepang dalam duel pamungkas Grup D Piala Asia bakal digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. Kick off dimulai pukul 18.30 WIB.

Laga ini menjadi krusial bagi Indonesia dan Jepang untuk lolos ke 16 Besar. Sebab, kedua tim kini mengoleksi nilai yang sama yakni 3. Namun Jepang lebih diuntungkan berada di peringkat dua karena memiliki keunggulan selisih gol lebih baik.

Sebenarnya Indonesia memiliki peluang untuk lolos langsung ke 16 Besar sebelum melawan Jepang, melalui jalur peringkat tiga terbaik. Namun peluang tersebut pupus usai tim lain yakni Suriah dan Palestina memenangi laga terakhir mereka.

Baca juga
Erick Thohir Siapkan Bonus Besar Jika Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam dan Jepang

Suriah menang atas Indoa 1-0 dan lolos ke 16 Besar lewat jalur peringkat tiga terbaik dari Grup B. Sedangkan Palestina juuga memastikan diri maju ke 16 Besar lewat jalur yang sama usai menang 3-0 atas Hong Kong.

Hasil-hasil tersebut menempatkan Indonesia berada di urutan keempat di klasemen peringkat tiga terbaik. Posisi Indonesia ini bahkan bisa disalip jika Skuat Garuda kalah dari Jepang.

Jika kalah dari Jepang, Indonesia bisa kesalip Bahrain atau Oman yang juga tengah bersaing merebut tiket 16 Besar dari jalur yang sama.

Baca juga
Calon Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes Bikin Messi Frustasi, Rusak Debut Suarez

Namun ada skenario terakhir Indonesia lolos ke 16 Besar:

  1. Menang atas Jepang: lolos otomatis
  2. Seri lawan Jepang: lolos apabila Bahrain kalah dan Oman gagal menang
  3. Kalah dari Jepang: lolos apabila Oman gagal menang, atau Bahrain kebobolan lebih banyak dari Yordania ketimbang jumlah gol Jepang ke Indonesia.

Nah, kini Indonesia yang harus menentukan nasibnya sendiri untuk dapat lolos ke 16 Besar. Kemenangan atas Jepang akan membuat langkah Indonesia lebih santai.

Namun jika seri atau imbang lawan Jepang, Indonesia harus berahrap dengan hasil dari negara lain.

Artikel lainnya: Hadir di Desak Anies, Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Komika Felixius Seda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait