Semua Tim yang Kalahkan Indonesia Gagal ke Semifinal Piala Asia, Jepang Paling Sial

  • Arry
  • 4 Feb 2024 13:29
Piala Asia 2023: Jepang vs Indonesia 3-1(pssi/pssi.org)

2. Timnas Australia

Timnas Australia tergabung di Grup B bersama Suriah, India, dan Uzbekistan. Socceroos mengawali perjuangan di Piala Asia 2023 dengan mememangi dua laga awal melawan Suriah dan India.

Namun pada laga terakhir, Australia ditahan imbang Uzbekistan. Meski demikian, hasil tersebut tetap menempatkan tim yang nagkring di peringkat 25 FIFA itu lolos ke 16 Besar dengan status juara Grup B.

Baca juga
Kalah 0-4 dari Australia, Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala Asia 2023

Di babak 16 Besar, Australia dengan perkasa mengalahkan Indonesia dengan skor telak 4-0 dan memastikan diri lolos ke perempat final.

Namun di babak delapan besar, Ausrtalia kalah dramatis saat melawan Korea Selatan. Socceroos sempat sempat memimpin hingga masa injury time babak kedua. Namun Dewi Fortuna memihak ke Korea Selatan. Tim Ginseng itu mendapat penalti di penghujung laga.

Di babak extra time, Son Heung-min menjadi pahlawan kemenangan Korea Selatan setelah tendangan bebasnya meluncur mulus ke gawang Australia. Gol itu memastikan Australia terhenti di babak perempat final.


3. Timnas Jepang

Timnas Jepang tergabung di Grup D bersama dengan Indonesia, Irak, dan Vietnam. Di pertandingan pertama, Jepang dengan perkasa menang atas Vietnam. Namun Samurai Biru ditebas Irak pada laga kedua. Jepang memastikan diri lolos ke 16 Besar usai mengalahkan Indonesia di partai penentuan Grup D.

Di babak 16 Besar, Jepang bertemu Bahrain. Hasilnya, Samurai Biru menang 3-1 atas Bahrain. Mereka lolos ke perempat final untuk berhadapan dengan Iran.

Baca juga
Piala Asia 2023: Jepang vs Indonesia 3-1, Garuda Tunggu Keajaiban Lolos 16 Besar

Di babak delapan besar, Jepang mengalami hasil paling sial. Hidemasa Morita sempat membawa Jepang unggul di menit ke-28.

Di babak kedua, Iran menyamakan kedudukan di menit oleh gol yang dicetak Mohammad Mohebi. Nasib sial Jepang terjadi pada menit ke-90+4.

Sebuah tekel pemain Jepang ke penyerang Iran membuat wasit harus memberikan hadiah penalti. Alireza Jahanbakhsh yang menjadi algojo mampu membalikkan kedudukan sekaligus membawa Iran lolos ke semifinal.

Jepang pun mengikuti jejak Indonesia yang sudah lebih dahulu tersingkir dari Piala Asia 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait