Google Rayakan Ultah Pelopor Dangdut Indonesia Ellya Khadam

  • Arry
  • 23 Okt 2021 19:17
Pelopor dangdut Indonesia, Ellya Khadam(ist/ist)

Ada yang menarik pada halaman muka laman pencarian Google. Terdapat sosok pedangdut Indonesia, Ellya Khadam, pada logo Google Doodle.

Doodle Ellya Khadam yang tampil di halaman muka Google ini merupakan karya seniman asal Seamrang, Fatchurofi Muhammad.

Siapa Ellya Khadam?

Elllya Khadam adalah pelopor musik dangdut di Indonesia. Perempuan bernama Siti Alya Husnah itu lahir di Jakarta pada 23 Oktober 1928. Ellya Khadam meninggal dunia pada 2 November 2009.

Ellya Khadam terkenal dengan lagu Boneka dari India. Ini merupakan karya paling fenomenal Ellya dan hingga kini lagu tersebut masih enak untuk dinikmati.

Ellya Khadam memulai karir saat bergabung dengan Orkes melayu Kelana Ria pimpinan Adi Arso dan Munif Bahasuan.

Selain lagu Boneka dari India, sejumlah lagu lainnya juga populer pada era 1960-an. Seperti 'Djandji' dan 'Pergi Tanpa Pesan' serta lagu 'Beban Asmara'.

Ellya Khadam mengungkapkan kecintaannya pada budaya India. Saking menyukai adat India, dia sampai mengenakan sari tradisional India dan sindoor di dahinya.

Tak hanya sebagai penyanyi, Ellya Khadam juga sempat membintangi sejumlah film nasional pada akhir 1970-an.

Dia mengungkapkan cintanya pada adat India tidak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, tetapi juga dengan mengenakan sari tradisional India dan sindoor di dahinya.

Selain berhasil mempopulerkan dangdut dan menginspirasi generasi muda untuk membawa genre ini ke tingkat yang lebih tinggi, Ellya Khadam juga membintangi sejumlah film hingga akhir 1970-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait