Lapan Ungkap Dugaan UFO Terbang di Atas Bandung

  • Arry
  • 30 Jul 2021 17:26
Ilustrasi UFO(darksouls1/pixabay)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa atau Lapan mengungkapkan benda asing yang terbang di langit Bandung, Jawa Barat, diduga sebagai UFO atau unidentified flying object alias benda terbang yang tak teridentifikasi.

Benda terbang tak dikenal tersebut viral. Warga melihat benda bercahaya di langit kota Bandung yang terekam dalam video berdurasi sekitar 30 detik. Video tersebut viral di media sosial.

Peneliti Lapan, Abdul Rachman, menyatakan, benda asing tersebut bisa saja disebut UFO. Sebab, berdasarkan harfiah, UFO bisa diartikan sebagai benda terbang yang tidak dikenal.

"Saya bukan pemerhati UFO, tapi dari bahasa saja bisa kita reka bahwa definisinya adalah semua benda terbang/melayang/mengorbit yang tidak diketahui identitasnya. Kalau sekedar menggunakan arti bahasa dari UFO maka benda-benda yg terlihat kemarin itu ya memang UFO (benda yang tak dikenali) karena mereka tidak tahu," jelasnya saat dihubungi, Jumat, 30 Juli 2021.

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan hingga saat ini belum ditemukan bukti yang benar-benar meyakinkan bahwa UFO yang terkait dengan pesawat alien atau makhluk luar bumi dengan intelegensia tinggi memang benar ada.

Selain itu, menurutnya informasi berupa rekaman video mengenai benda asing yang tampak di langit Bandung itu sangat terbatas. Namun ia memastikan hal itu bukanlah peristiwa antariksa yang terjadi di langit dengan ketinggian lebih dari 100 kilometer.

"Tapi dari video itu nampaknya ini bukan fenomena di antariksa. Saya kira cukup besar kemungkinan bhw ini adalah sekumpulan balon," jelasnya lagi.

"Andai saja video itu lebih lama durasinya, mungkin akan terlihat bahwa benda-benda tersebut cenderung bergerak agak acak, seperti sekumpulan balon yang tertiup angin," tandasnya.

Meski demikian, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin menyatakan benda asing di langit Bandung tersebut bukan benda antariksa. Dia menduga objek tersebut merupakan kumpulan balon yang diterbangkan.

"Konfigurasinya berubah. Bukan objek antariksa. Kemungkinan hanya kumpulan balon yang diterbangkan," ujar Thomas.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan benda asing yang terlihat di langit yang disaksikan petugas keamanan ibukan merupakan fenomena meteorologis.

"Bukan merupakan fenomena meteorologis, seperti Pelangi, Halo, Aurora atupun fenomena optik lainnya yang terjadi di atmosfer," jelas Rahayu saat dikonfirmasi, Jumat (30/7).

Menurut Rahayu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Lapan, fenomena yang terjadi di Bandung itu diperkirakan merupakan aktivitas manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait