Cara Menyaksikan Komet Hijau Langka di Indonesia, Muncul 260 Ribu Tahun Sekali

  • Arry
  • 1 Feb 2023 17:33
Ilustrasi komet(@lordbaroni/unsplash)

Komet Hijau C-2022 E3 akan melintas dekat Bumi. Komet yang disebut melintas setiap 260 ribu tahun sekali itu bakal bisa disaksikan di Indonesia juga. Begini cara menyaksikan komet langka itu.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang, komet hijau ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia sejak 1 Februari pukul 18.30 hingga 2 Februari 02.30 waktu setempat dari arah utara dekat konstelasi Camelopardalis.

Menurut Andi, komet ini bisa diamati tanpa menggunakan alat bantu optik. Caranya, adalah cukup mencari tempat yang bebas dari polusi cahaya.

"Medan pandang juga harus bebas dari penghalang saat mengamati komet, dan tentunya kondisi cuaca di tempat kalian cukup cerah," kata Andi dikutip dari laman LAPAN, Rabu, 1 Februari 2023.

Baca juga
Jangan Lupa Komet Hijau Langka Zaman Es Muncul Malam Ini, Catat Waktu Penampakannya

"Sobat juga dapat mengabadikan komet ini menggunakan kamera DSLR, kamera CCD yang terpasang dengan teleskop dan terhubung dengan laptop atau komputer kalian," ujarnya.

Andi mengungkapkan, komet ini diperkirakan akan melintas dekat Bumi pada 02 Februari pukul 00.32 WIB atau 01.32 Wita atau 02.32 WIT pada jarak 42.472.000 km dari Bumi.

Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, komet ini mencapai titik tertingginya pukul 21.53 WIB dengan ketinggian 11,9 derajat. Saat mencapai titik terdekat, komet ini terlihat di arah Utara dengan ketinggian 7,4 derajat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk wilayah Indonesia Timur, komet akan terbenam saat mencapai titik terdekat dengan Bumi.

"Karena kesempatan mengamati komet ini hanya sekali seumur hidup! Jadi, jangan lewatkan momen ini!" kata Andi Pangerang.

Artikel lainnya: Dugaan Bumbu Perselingkuhan Polisi di Kasus Kecelakaan Audi Tabrak Mahasiswi Cianjur

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait