Pasien Cangkok Jantung Babi Pertama Dunia Meninggal Dunia

  • Arry
  • 10 Mar 2022 16:08
Ilustrasi Jantung(@averey/unsplash)

Pasien cangkok jantung babi pertama di dunia meninggal dunia. Belum diketahui penyebab pasien tersebut meninggal setelah dua bulan menjalani operai transplantasi.

Pasien yang bernama David Bennet sebelumnya membuat heboh saat menjadi orang pertama yang menjalani transplantasi jantung babi. David meninggal di usia 57 tahun.

Sebelum operasi transplantasi jantung babi pada 7 Januari, David menjadi pasien penyakit jantung terminal. Akibat penyakit itu, David harus bergantung pada mesin.

David kemudian setuju untuk menjadi relawan eksperimen cangkok jantung babi. Hal ini dilakukan usai beberapa kali dia ditolak dari beberapa daftar tunggu donor jantung manusia.

Dilaporkan The New York Times, pejabat rumah sakit University of Maryland Medical Center, tempat David Bennet menjalani operasi, belum berkomentar terkait kemaitan David Bennet.

"Tidak ada penyebab yang jelas diidentifikasi pada saat kematiannya," kata seorang juru bicara rumah sakit kepada The New York Times. Kendati demikian, University of Maryland Medical Center berencana untuk mempublikasikan hasil penyelidikan mereka di jurnal medis.

"Dia terbukti menjadi pasien pemberani dan mulia yang berjuang sampai akhir," kata ahli bedah yang melakukan transplantasi Bartley Griffith, dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh rumah sakit.

Putra David Bennet, David Bennet Jr, menyatakan terima kasih kepada rumah sakit dan staf yang telah bekerja menyelamatkan ayahnya saat itu.

"Kami berharap cerita ini bisa menjadi awal dari harapan dan bukan akhir. Kami juga berharap apa yang dipelajari dari operasinya akan bermanfaat bagi pasien di masa depan dan semoga suatu hari, mengakhiri kekurangan organ yang menelan begitu banyak nyawa setiap tahun," kata David Bennet Jr.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait