Tips Menyelamatkan Diri di Sungai Saat Arus Deras

  • Arry
  • 29 Mei 2022 17:25
Ilustrasi bermain di sungai(@dep377/pixabay)

Sungai menjadi salah satu lokasi yang menyenangkan untuk beraktivitas. Seperti berenang, arung jeram, atau bahkan bermain-main air saja.

Namun, harus diwaspadai bahaya arus deras yang terjadi. Karena arus deras itu bisa sangat berbahaya. Apalagi bebatuan besar di sungai bisa membuat kita lebih celaka.

Oleh karena itu, kita perlu belajar cara menyelamatkan diri saat terseret arus deras sungai. Berikut beberapa cara persiapan berenang di sungai hingga menyelamatkan diri saat terseret arus deras di sungai diambil dari berbagai sumber:

Melihat kondisi sungai sebelum berenang

Sebelum memutuskan untuk bermain di sungai, sebaiknya kita mengenali sungai tersebut. Seperti melihat kekuatan arus, kedalaman sungai, material di sungai apakah berbatu atau berlumpur.

Hal ini bisa dilakukan dengan menaiki jembatan atau dataran lebih tinggi. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan tempat yang aman untuk bermain di sungai.


Pahami kemampuan berenang

Meski Anda pandai berenang, namun Andalah yang paling mengerti kemampuan berenang. Apalagi jika Anda hanya memiliki pengalaman berenang di kolam indoor bukan di sungai.


Lepas atribut yang memberatkan

Saat berenang di sungai, sebaiknya Anda tidak mengenakan atribut maupun membawa barang yang memberatkan atau merepotkan. Karena hal ini dapat membahayakan Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya >>>

 

Berita Terkait