Tips Menyelamatkan Diri di Sungai Saat Arus Deras

  • Arry
  • 29 Mei 2022 17:25
Ilustrasi bermain di sungai(@dep377/pixabay)

Tetap tenang

Terseret arus sungai merupakan hal yang menakutkan. Wajar jika seseorang langsung panik. Namun, hal tresebut harus dibuang jauh-jauh. Rasa panik justru akan membuat Anda tidak konsentrasi menyelamatkan diri.

Dengan bersikap tenang, maka akan membantu Anda mengurangi jumlah air sungai yang kemungkinan tertelan hingga membuat Anda lebih panik.


Balikkan tubuh hingga posisi telentang

Saat terseret arus, Anda harus segera mengubah posisi menjadi telentang. Kemudian jaga agar kaki tetap mengarah ke bawah dan kepala diposisikan ke atas.

Dengan posisi seperti ini, maka Anda dapat menghindari benturan batu di kepala. Karena kaki Anda dapat lebih mengontrol posisi saat telentang.


Jangan melawan arus

Saat terseret arus, yang harus diingat adalah jangan melawan arus. Sebaiknya Anda mengikuti arus dengan posisi yang dianjurkan.

Karena jika berusaha melawan arus, maka akan menguras tenaga Anda. Dengan mengikuti arus, dapat menghemat tenaga untuk dapat mencapai tepian.


Keluar dari sungai di area yang tenang

Jika Anda sudah menenangkan diri dan mengikuti petunjuk keselamatan, kini Anda harus mulai memikirkan mencari tempat untuk keluar dari sungai.

Setelah menemukan lokasi untuk keluar, segera menepi dengan cara berenang secara diagonal dengan tetap mengikuti arus sungai. Setelah berhasil keluar dari sungai, segera keringkan diri Anda.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait