Fenomena Aneh Puluhan Domba Jalan Melingkar Secara Misterius

  • Arry
  • 19 Nov 2022 16:58
Fenomena aneh puluhan domba berjalan melingkar(@pdchina/twitter)

Fenomena aneh terjadi di wilayah Mongolia Dalam, China. Puluhan domba tertangkap kamera berjalan membentuk sebuah lingkaran dan terus berputar tanpa henti. Kondisi ini sudah berlangsung sekitar 12 hari.

Melansir dari People's Daily, Sabtu, 19 November 2022, dalam video yang diunggah di Twitter pada 16 November, terlihat kawanan domba berbaris dan berputar melingkar. Mereka berjalan searah jarum jam.

Sejumlah domba terlihat hanya melihat di luar lingkaran tersebut. Sementara domba lainnya terkadang berdiri tak bergerak di tengah.

Fenomena aneh domba

People’s Daily melaporkan, kondisi domba tersebut seluruhnya sehat. Namun belum diketahui penyebab dari perilaku mereka berjalan melingkar tersebut.

Pemilik domba bernama Miao mengklaim, gerakan melingkar itu awalnya dilakukan beberapa domba. Dan kemudian diikuti teman lainnya.

“Meskipun ada 34 kandang domba di peternakan, hanya domba di salah satu kandang — nomor 13 — yang telah bertindak seperti ini,” ungkap Miao, seperti dikutip dari New York Post.

Perilaku ini diketahui sudah berlangsung sejak 4 November 2022.

Baca juga
Fenomena Langka Hujan Air Terjun Terjadi di Bekasi, Ini Penjelasan BMKG

Warganet kemudian banyak berspekulasi tentang perilaku misterius para domba ini. Mereka mengaitkan domba tersebut terinveksi bakteri Listeriosis.

Melansir laman resmi panduan dokter hewan Merck Manual, bakteri Listeiosis ini disebabkan dari makanan yang terkontaminasi.

Dampaknya, akan mengakibatkan vangguan pada sistem saraf hingga menyebabkan paralisis (kelumpuhan) dan perubahan perilaku. Bakteri ini juga bisa hinggap pada manusia.

Penyakit ini biasanya menyerang pada hewan yang hidup di iklim dingin. Biasanya mereka tidak akan bertahan hidup dalam waktu 24 hingga 48 jam usai gejala diamati.

“Awalnya, hewan yang terkena dampak anorektik, depresi, dan disorientasi. Mereka mungkin mendorong diri mereka sendiri ke sudut, bersandar pada benda-benda yang tidak bergerak, atau berputar-putar ke arah sisi yang terkena dampak,” bunyi keterangan dari Merck Manual.

Baca juga: Mengenal Ular Naga Jawa, Reptil Mitos yang Tak Berbisa dan Tak Bisa Terbang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait