Ular Ternyata Tidak Takut Garam, Ini 5 Cara Mengusirnya

  • Arry
  • 28 Jan 2023 17:08
Ilustrasi ular(Sagar Kulkarni/unsplash)

Belakangan ini banyak ditemukan kasus ditemukannya ular di sekitar lingkungan rumah. Dahulu kita mengetahui cara mengusir hewan melata itu adalah dengan menabur garam di sekitar rumah. Namun cara itu ternyata salah.

Anggapan ular takut dengan garam ternyata tidak sepenuhnya benar. Hewan tersebut bahkan masih bisa melintasi jebakan garam yang ditabur agar tidak memasuki pekarangan rumah.

Garam hanya dapat mengusir hewan-hewan berlendir seperti lintah, siput, hingga keong. Hal ini lantaran garam dapat membuat hewan-hewan berlendir tersebut mengalami dehidrasi di bagian tubuh yang terkena garam.

Garam tersebut bekeja menegluarkan air dari kulit dan memberikan efek osmosis, yang membuat hewan-hewan berlendir akan mati dalam beberapa menit karena dehidrasi.

Baca juga
Geger Hewan Mitologi Ular Naga Jawa, Ada Mitos Nyawa Melayang Bagi yang Pegang

Lalu bagaimana cara mengusir ular yang efektif? Melansir dari beberapa sumber, berikut 5 cara ampuh mengusir ular:

1. Gunakan asap

Ular adalah hewan yang peka terhadap bau, seperti asap. Dengan menggali lubang atau mengasapi lubang yang diduga sebagai sarang ular, akan mengusir ular dari lingkungan rumah.

2. Gunakan bau-bauan yang menyengat

Ular juga sangat peka dengan bau tajam belerang, cengkeh, kayu manis, dan cuka. Kamu bisa menyebar zat-zat ini di sekeliling rumah atau lokasi yang diduga menjadi sarang ular.

Baca juga
Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam: Benarkah Tanda Kesialan?

3. Jaga kebersihan halaman rumah

Jika memiliki halaman rumah yang ditumbuhi rerumputan, pastikan untuk rajin memotongnya agar tidak menjadi sarang ular. Selain itu, jangan pula membuang sampah makanan di sekitar rumah yang bisa mengundang datangnya ular.

4. Tempatkan hewan yang bisa jadi makanan ular di tempat tinggi

Jika memiliki hewan peliharaan seperti burung, ayam, atau lainnya yang biasa dimangsa ular, sebaiknya ditaruh di tempat tinggi. Atau membuat pagar yang kokoh agar tidak bisa dimasuki ular.

Baca juga
Mengenal Ular Naga Jawa, Reptil Mitos yang Tak Berbisa dan Tak Bisa Terbang

5. Pelihara hewan pengusir ular

Anda juga bisa memelihara hewan lain yang menjadi musuh ular. Misalnya kucing atau rakun.

Selain lima cara di atas, anda juga bisa meminta pertolongan dari pawang ular, petugas keamanan hingga petugas pemadam kebakaran untuk mengusir ular.

Artikel lainnya: Fakta Audi A8 Tabrak Mahasiswi Cianjur Hingga Tewas: Mobil Milik Polisi Berplat Palsu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait