Hacker Klaim Bobol Akun MyBCA Modal Nama dan Nomor Rekening, Data Dijual Rp7,5 Juta

  • Arry
  • 27 Jul 2023 10:48
Bank Central Asia (BCA)(bca/twitter)

Seorang hacker mengklaim bisa membobol ke akun pengguna MyBCA. Dia mengaku hanya butuh modal nama dan nomor rekening pengguna yang ingin dibobol rekeningnya.

Hal ini diungkapkan Founder of Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto. Menurutnya, hacker tersebut juga menjual data MyBCA dengan harga hanya US$500 atau sekira Rp7,5 juta saja.

"Seorang threat actor di BreachForums menawarkan sebuah jasa utk login ke akun MyBCA siapapun hanya bermodalkan nama & nomor rekening," kata Teguh dalam cuitannya di akun Twitter dikutip Kamis, 27 Juli 2023.

Menurutnya, hacker tersebut juga memerlihatkan aksinya di BreachForums saat melakukan login untuk melihat data dari akun yang terbajak. Hacker itu menguak data 6 nasabah.

Baca juga
Beredar Informasi Gratis Transfer Antarbank, BCA: Itu Penipuan!

Selain itu, Teguh juga mengungapkan, ada hacker yang mengklaim telah mendapatkan 6 juta data nasabah BCA yang bersumber dari WebForm BCA.

"WebForm BCA ini sendiri biasanya digunakan untuk orang-orang yg mau apply kartu kredit, KPR dll," lanjut Teguh.

Penjelasan BCA

Manajemen BCA buka suara soal kabar hacker jual data nasabah di situs gelap. Mereka menegaskan, kabar tersebut adalah hoaks alias tidak benar.

"Sehubungan dengan informasi yang beredar yang diklaim sebagai data kartu kredit dari BCA, dapat kami sampaikan bahwa kami telah melakukan pengecekan, dan data yang diklaim beredar tersebut BERBEDA dengan data yang dimiliki oleh BCA," bunyi keterangan resmi BCA.

"Perlu kami sampaikan bahwa dalam memberikan layanan kepada nasabah, BCA senantiasa melakukan pengamanan data dengan menerapkan strategi dan standar keamanan secara berlapis serta mitigasi risiko yang diperlukan untuk menjaga keamanan data dan transaksi digital nasabah," lanjut keterangan BCA.

Artikel lainnya: Sinead O'Connor Penyanyi Mualaf Asal Irlandia Meninggal Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait