5 Bahan Alami Ampuh Usir Tikus dari Rumah Tanpa Gunakan Lem atau Racun

  • Arry
  • 11 Januari 2023 11:50
Ilustrasi tikus(@jcotten/unsplash)

Tikus merupakan hama yang paling mengganggu di rumah. Tak jarang hewan pengerat itu mengganggu penghuni rumah. Namun, ada cara ampuh untuk mengusir tikus tanpa menggunakan racun.

Tikus diketahui memiliki penglihatan yang buruk. Namun dia mempunyai penciuman tajam. Dengan indra penciuman itu, mereka bisa mendeteksi makanan dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Dengan adanya fakta tikus memiliki indra penciuman yang tajam, ada sejumlah bahan alami yang aromanya tidak disukai tikus. Hal ini disebut bisa menjadi cara ampuh mengusir tikus dari rumah.

Berikut 4 bahan alami yang aromanya tidak disukai tikus:

1. Minyak pepermin

Tikus sangat tidak suka dengan bau minyak pepermin. Untuk mengusir tikus, celupkan bola kapas ke minyak peppermin dan sebarkan kapas itu ke daerah yang rawan tikus.

Jika tidak mempunyai pepermin, minyak lainnya yang bisa menjadi alternatif adalah minyak serai dan minyak jarak.

2. Lada

Lada mempunyai bau yang tajam dan tidak sedap. Selain itu lada juga bisa membuat tikus sulit bernapas. Untuk mengusir tikus, Anca bisa menaburkan lada di area tikus biasa bersembunyi.

3. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih juga memiliki aroma yang menyengat. Cara untuk megusir tikus dengan bawang adalah membuat irisan bawang di daerah tikus biasa beroperasi.

4. Cabai

Aroma cabai yang tajam bisa membuat hidung tikus teriritasi. Anca bisa mengiris-iris cabai dan sebarkan di sarang atau pintu masuk tikus.

5. Kayu Manis

Kayu manis juga memiliki aroma yang bisa membuat sakit hidung tikus. Anda bisa menebar kayu manis ini di tempat tikus keluar masuk dan sarang tikus di rumah.

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan