Ketua MUI Minta Film Kiblat Dilarang: Kampanye Hitam Terhadap Agama

  • Arry
  • 24 Mar 2024 17:47
Ketua Majelis Ulama Indonesia, Cholil Nafis(CholilNafis/twitter)

Rencana penayangan film Kiblat mendapat reaksi keras. Salah satunya dari Majelis Ulama Indonesia.

Ketua MUI Bidang Dakwah KH Cholil Nafis meminta agar peredaran film Kiblat dilarang. Sebab, film yang diproduksi Leo Pictures itu dapat menjadi kampanye hitam terhadap agama.

"Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram kok, judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya ka’bah, arah menghadapnya orang-orang salat," kata Cholil Nafis seperti diunggah di akun IG-nya @cholilnafis, Minggu, Maret 2024.

"Kalau ini benar sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang," ujarnya.

Baca juga
Kisah Yanto Alias Inces Febri, Sosok Waria yang Tobat Usai Nonton Film Siksa Neraka

"Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton. Tapi kalau menyinggung agama biasanya malah tak boleh ditonton," tegas dia.

"Seringkali reaksi keagamaan dimainkan oleh pebisnis untuk meraup untung materi. Yang gini tak boleh dibiarkan harus dilawan," tuturnya.

Film Kiblat

Respons Rumah Produksi Leo Pictures

Leo Pictures telah menarik seluruh materi promosi film seperti poster dan trailer Kiblat yang ada di lintas platform media sosial. Namun belum ada keterangan dari pihak rumah produksi tersebut.

Dalam poster yang beredar memang tampak menyeramkan. Sebab memperlihatkan seorang wanita mengenakan atribut shalat digambarkan sedang Rukuk atau membungkuk. Namun wajah perempuan itu menghadap ke atas.

Selain itu, sinopsis film Kiblat ini juga sangat mengerikan.

"Perjalanan seorang anak perempuan untuk kembali ke jalan yang benar, jalan yang diridhoi Allah SWT. Dia menyadari bahwa bapak yang tak pernah mengasuhnya adalah seseorang yang mengajarkan kesesatan yang akan menjauhkan dia dari kiblat yang sebenarnya," tulis keterangan di poster Kiblat.

Film Kiblat ini dikabarkan akan tayang pada tahun ini, namun belum ada tanggal pasti penayangannya.

Artikel lainnya: SPBU Nakal di KM 42 Tol Jakarta-Cikampek Disegel, Begini Modusnya Kurangi BBM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait