AstraZeneca Ungkap Vaksin Covid-19 Timbulkan Efek Samping TTS, Penyakit Apa Itu?

  • Arry
  • 2 Mei 2024 13:41
Vaksin AstraZeneca(mika baumeister/unsplash)

Kabar mengejutkan datang dari pabrikan farmasi AstraZeneca. Mereka mengakui vaksin Covid-19 yang diproduksi memiliki efek samping langka.

Fakta ini terungkap dari dokumen hukum yang diserahkan perusahaan ke pengadilan dalam perkara class action. Dari dokumen itu disebutkan, vaksin Covid yang dikembangkan bersama University of Oxford menyebabkan kematian dan cedera serius.

Efek samping langka yang akan dialami disebutkan adalah trombosit dengan sindrom trombositopenia atau TTS.

"Diakui bahwa vaksin AZ, dalam kasus yang sangat jarang, dapat menyebabkan TTS. Mekanisme alasannya tidak diketahui," tulis AstraZeneca seperti dikutip The Telegraph.

Baca juga
Tak Disangka, Pemegang Salah Satu Hak Paten Vaksin AstraZeneca Peneliti Indonesia

"Penyebab dalam setiap kasus individu akan bergantung pada bukti ahli," terangnya.

Gugatan class action ini diajukan Jamie Scott pada tahun lalu. Ayah dua anak ini mengaku mengalami cedera otak permanen setelah terkena pembekuan darah dan perdarahan di otak. Dia juga tidak dapat bekerja setelah menerima suntikan AstraZeneca pada April 2021.


Apa itu TTS yang diklaim efek samping langka AstraZeneca?

Mengutip laman Healthdirect-gov.au, thrombosis with thrombocytopenia syndrome atau trombosis dengan sindrom trombositopenia (TTS) adalah sindrom yang sangat langka.

Baca juga
Mengenal Indra Rudiansyah, Pemuda RI di Balik Vaksin AstraZeneca

Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami pembekuan darah (trombosis) dan jumlah trombosit yang rendah alias trombositopenia. Penyakit ini juga disebut sebagai 'trombositopenia trombotik imun yang diinduksi vaksin' (VITT).

Trombosis adalah pembentukan bekuan darah , yang dapat mengurangi aliran darah normal di pembuluh darah yang terkena.

Trombositopenia adalah suatu kondisi dimana tidak terdapat cukup trombosit dalam darah. Trombosit biasanya membantu darah membeku (menggumpal), sehingga menghentikan pendarahan berlebihan (misalnya, jika Anda melukai diri sendiri).

Bagaimana TTS dan pembekuan darah dikaitkan dengan vaksin AstraZeneca?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait