Kemenkeu Ungkap Keberadaan Tas Mahal Enzy Storia yang Disebut Tertahan di Bea Cukai

  • Arry
  • 18 Mei 2024 20:41
Artis dan model Enzy Storia(@enzystoria/instagram)

Kementerian Keuangan memberikan perkembangan terkait kasus tas Enzy Storia yang disebut tertahan di Bea Cukai. Tas itu tidak ditebus istri diplomat di KBRI di Amerika Serikat itu lantaran pajaknya lebih mahal dibanding harga tas.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Enzy Storia dan Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta. Dia pun mengungkapkan hasil penelusuran kasus tersebut.

"Perkenankan kami menyampaikan update. Kak @EnzyStoria sudah berkoordinasi dengan rekan2 BC Soetta. Komunikasi berjalan baik dan dilakukan penelusuran bersama dengan hasil sebagai berikut," tulis Yustinus Prastowo di akun X miliknya dikutip Sabtu, 18 Mei 2024.

Baca juga
Enzy Storia Pertanyakan Nasib Tasnya yang Tertahan di Bea Cukai

Prastowo menuliskan eam poin terkait penanganan tas Enzy Storia. Berikut poin-poinnya:

  1. Barang tersebut (tas) adalah hadiah yang dikirim ke Kak Enzy oleh penjual sebagai kompensasi kekeliruan pengiriman sebelumnya.
  2. Karena merupakan hadiah, pengirim mendeklarasikan harga di bawah yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan tambah bayar.
  3. Petugas kemudian melakukan koreksi sesuai ketentuan dan referensi harga retail.
  4. Karena nilai koreksi lebih tinggi dari harga retail dan tas tsb merupakan barang substitusi, Kak Enzy mempersilakan PJT (Perusahaan Jasa Titipan) untuk mengembalikan barang itu ke pengirim hadiah.
  5. Namun mengingat tidak ada mekanisme tsb, maka barang tsb sampai saat ini masih tersimpan dengan baik di gudang PJT, bukan dikuasai Bea Cukai.
  6. Terhadap kejadian ini, kami telah berkoordinasi dengan pihak PJT, mereka bertanggung jawab atas tambah bayar yang ditimbulkan dan setuju melanjutkan penyelesaian barang kepada pengirim.

"Demikian penjelasan dapat disampaikan," tulis Prastowo.

Enzy pun merespons unggahan Prastowo tersebut.

"Terima kasih pak @Prastow & team BC yang langsung kontak untuk meluruskan pengalaman yang aku alami. Semoga bisa menjadi pemahaman juga untuk kita semua," ungkap Enzy Storia.

Artikel lainnya: Sebelum ke-Gep dengan Soraya Rasyid, Andrew Andika Diduga Selingkuh dengan Ani-ani

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait