Langgar Privasi, Ini Tips Agar Daftar Belanjaan di Shopee Tak Diintip Teman

  • Arry
  • 15 Okt 2021 16:04
Aplikasi Shopee(shopee/shopee)

Shopee baru saja meluncurkan fitur Aktivitas Teman di aplikasi. Fitur baru ini dinilai dapat melanggar privasi pengguna.

Akun Twitter @efify memperingatkan netizen untuk mengecek pengaturan privasi di Shopee. Sebab, jika tidak diatur, maka aktivitas belanja kita dapat diintip teman.

"Buat temen-temen pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasinya deh. Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir," cuitnya.

"Kalo orangnya gak ngeh, privasi belanjanya dia bisa dibaca temen-temennya. Buset dah. Tadi gue sempet liat temen gue belanja apaan aja. Padahal dia gak aktif socmed apapun. Kan ga mungkin dia niat ngumbar. Semacam pelanggaran privasi itu mah," sambungnya.

Dugaan pelanggaran privasi di fitur baru Shopee

Shopee Indonesia menanggapi isu yang viral di Twitter itu. Dalam keterangannya, Shopee menjelaskan, pengguna bisa mengontrol pengaturan privasi akun terkait riwayat kegiatan pelanggan.

"Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategori sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain," tulis juru bicara Shopee Indonesia.

Caranya:

  • Ketuk "Pengaturan Akun
  • Setelah masuk ke "Pengaturan Akun", kemudian pilih "Pengaturan Privasi"
  • Usai berada di "Pengaturan Privasi", pilih "Sembunyikan aktivitas saya" untuk beberapa aktivitas yang ingin disembunyikan
  • Atau klik link https://shp.ee/hkpkmjf.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait