Soal Ritual Sesajen, Begini Kata Cak Nun

  • Arry
  • 12 Jan 2022 06:22
Salah satu ritual tradisi budaya masyarakat Indonesia: Sesajen(ist/ist)

Masyarakat Indonesia, seperti di Jawa, masih kental dengan tradisi leluhur. Tradisi ini bahkan menjadi budaya bagi masyarakat Jawa. Salah satu tradisi yang turun temurun adalah memberikan sesajen.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesajen atau sajen adalah makanan atau bunga-bungaan yang disajikan kepada orang halus dan sebagainya.

Lalu bagaimana hukumnya dalam Islam?

Tokoh intelektual muslim Indonesia, Emha Ainun Nadjib, memiliki pandangan tersendiri terkait sesajen. Dalam sebuah acara dakwah yang direkam dan diunggah dalam akun YouTube Indonesia Satu, Cak Nun menjawab pertanyaan terkait budaya sesajen.

Awalnya, salah seorang jemaah menannyakan soal budaya Tanah Air yang menentang syariat Islam harus dihilangkan atau tidak. Salah satu budaya itu adalah sesajen.

"Budaya yang menentang syariat Islam harus dihilangkan tidak?," tanya seorang jemaah, seperti dikutip dari YouTube Indonesia Satu, Rabu, 12 Januari 2022.

Cak Nun kemudian menjawab, "Rasulullah itu, sekarang misalnya sunat, sunat itu sebelumnya Nabi Muhammad sudah ada, sejak Nabi Ibrahim, akekah juga sudah ada. Apa yang dihilangkan, apanya? Kan sudah jelas syariatnya gimana."

"Kenapa sesajen menentang syariat? Siapa yang bilang sesajen itu menyembah selain Allah, orang itu menghormati saja kok. Siapa bilang kalau jaran kepang itu nyembah setan, itu siapa? Siapa yang bilang kalau kamu bikin sesaji itu artinya nyembah selain Allah, itu siapa? Itu menghormati ciptaan Allah," ujar Cak Nun.

"Jangan gampang-gampang menilai, mending husnudzon aja. Yasudah dia saja enggak menyakiti siapa-siapa, dia juga tidak merusak apa-apa. Semoga doanya diterima Allah. Anggap begitu saja dalam menyikapi hidup," tegas Cak Nun.

"Jangan cuma paham dari kata orang, kamu harus merdeka dari itu. Kamu harus punya pikiran sendiri, harus punya akal sendiri. Tidak ada agama, bagi manusia yang tidak punya akalnya," ujarnya.

"Jadi aku tidak menentang siapa-siapa, aku ini cuma mau kamu autentik dengan pilihanmu sendiri, Sebab kalau kamu ngomong begitu dan salah, kamu yang akan diadili malaikat dan gusti Allah," imbuhnya.

Lihat video lengkapnya di bawah ini:

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait