Profil Dorce Gamalama, Artis Multitalenta Meninggal Dunia Karena Covid-19

  • Arry
  • 16 Feb 2022 09:57
Dorce Gamalama(Dorce gamalama/instagram)

Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu, 16 Februari 2022. Dorce meninggal karena penyakit Covid-19 yang dideritanya.

Dorce lahir pada 21 Juli 1963 sebagai seorang laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Dorce adalah anak bungsu dari 6 bersaudara dari pasangan Achmad dan Dalifah.

Nama Dorce mulai dipakai pada 1983. Hal itu berawal saat Dedi Ashadi bergabung dengan kelompok tari Fantastic Dolls. Untuk mendukung penampilannya, Dedi Ashadi kemudian melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada 1983.

Sejak saat itu dia dikenal dengan nama Dorce. Awalnya dia menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, hingga akhirnya dia menggunakan nama Dorce Gamalama.

Baca Juga
Dorce Gamalama Meninggal Dunia Karena Terpapar Covid-19

Nama Gamalama ini diambil saat dia melakukan perjalanan ke Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Dia terpukau dengan keindahan Gunung Gamalama. Akhirnya, nama Gamalama ini pun dipakai Dorce.

Semasa hidup, Dorce dikenal sebagai presenter televisi dan membawakan sejumlah program acara seperti Dorce Show. Dorce pun pernah menyabet rekor MURI saat melincurkan sembilan album rekaman dalam waktu lima bulan.

Selain itu, Dorce juga pernah membintangi dua film yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh. Dorce juga pernah meluncurkan singel berjudul "Cintaku Kendur di Jalan", tetapi singelnya tersebut kurang laku di pasaran.

Baca Juga
Hilang Kesadaran, Dorce Dilarikan ke Rumah Sakit

Selain menyanyi, Dorce juga fasih membawakan lagu dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Tionghoa, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, India, dan sebagainya.

Untuk urusan pribadi, Dorce pernah menikah dan memiliki tiga anak adopsi yakni Rizky, Fatimah, dan Khadijah. Dan hingga akhir hayatnya Dorce aktif dalam kegiatan sosial, mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang menyantuni sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.

Pada beberapa tahun terakhir, Dorce sempat mengeluhkan penyakit yang dideritanya. Seperti diabetes dan batu ginjal. Dorce pun sempat menjalani perawatan karena penyakitnya itu.

Dorce meninggal dunia saat menjalani perawatan Covid-19 di RSPP Simprug, Jakarta Selatan.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait