Mbok Yem Akhirnya Turun dari Gunung Lawu Untuk Mudik Lebaran

  • Arry
  • 28 Apr 2022 22:25
Mbok Yem, pemilik warung di puncak Gunung Lawu turun gunung untuk merayakan Lebaran 2022(@magetanbanget/instagram)

Mbok Yem, sosok yang tak asing bagi para pendaki Gunung Lawu, akhirnya turun gunung. Mbok Yem yang membuka warung di puncak Gunung Lawu turun gunung untuk merayakan Lebaran Idulfitri 2022 di kampung halamannya.

Mbok Yem turun dari Gunung Lawu dengan ditandu oleh dua orang. Mereka menuruni lereng Gunung Lawu menuju rumah Mbok Yem di Dukuh Dagung, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Video Mbok Yem ditandu turun dari Gunung Lawu viral di media sosial. Dalam video berdurasi 19 detik terlihat Mbok Yem yang mengenakan jilbab merah dan baju hitam duduk di atas tandu menysuri jalur pendakian.

Kondisi tandu pun sangat sederhana. Hanya terbuat dari batang bambu yang dirakit sedemikian rupa. Tandu didesain memiliki kursi di bagian tengah untuk tempat duduk Mbok Yem.

"Mbok Yem akhirnya turun gunung untuk merayakan lebaran bersama keluarganya yang di Magetan," tulis pemilik akun Instagram @magetanbanget dikutip Kamis, 28 April 2022.

Keponakan Mbok Yem, Syaiful Gimbal, menjelaskan, Mbok Yem pulang dari warungnya untuk berkumpul bersama keluarganya. "Mungkin seminggu lah di rumah untuk merayakan Lebaran," kata Saiful Gimbal.

Syaiful menjelaskan, perjalanan Mbok Yem turun gunung tidak memakan waktu lama. Dia turun pada Rabu 27 April 2022 sekitar pukul 11.00 WIB dan tiba di rumahnya pukul 14.00 WIB.

"Percaya nggak percaya berangkatnya pukul 11.00 WIB sampai di rumah jam 2 siang," imbuhnya.

"Anak Mbok Yem itu lima. Setiap tahun pasti turun gunung untuk Lebaran. Tahun kemarin habis shalat id langsung Lebaran ke rumah anaknya yang kedua di Solo," pungkas Syaiful.

Simak video Mbok Yem turun Gunung Lawu untuk rayakan Lebaran 2022 di bawah ini:

Mbok Yem turun dari puncak Gunung Lawu untuk rayakan lebaran di kampungnya

Artikel lainnya

Berita Terkait