Antisipasi Macet, Ini Daftar Aplikasi Peta dan Pantau Jalur Mudik yang Wajib Diunduh

  • Arry
  • 28 Apr 2022 12:44
Aplikasi peta online(@abillion/unsplash)

Lebaran Idulfitri 2022 tinggal menghitung hari. Warga sudah mulai berbondong mudik ke kampung halamannya. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya memiliki aplikasi peta pemantau jalur mudik.

Aplikasi peta dan pemantauan jalur mudik 2022 ini bisa didapatkan di Playstore maupun Appstore untuk memantau kondisi lalu lintas saat perjalanan. Hal ini juga dapat menghindari kemacetan.

Aplikasi-aplikasi ini akan melaporkan kondisi terkini aktivitas lalu lintas. Mulai dari rute jalan bebas macet hingga lokasi untuk beristirahat.

Apa saja aplikasi-aplikasi itu, berikut daftarnya:

1. Google Maps

Aplikasi Google Maps biasanya sudah terunduh langsung di ponsel Anda. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap seperti penunjuk jalan hingga kondisi lalu lintas.

Peta pada Google Maps memiliki indikator warna yakni merah, kuning, dan hijau. Jika kondisi jalan berwarna merah, berarti kondisi lalu lintas sedang macet.

Jika berwarna kuning menandakan kondisi lalu lintas sedang ramai. Dan jika warnanya hijau, maka kondisi lalu lintas dalam keadaan lancar.

Jika kuota internet Anda menipis jangan takut. Anda masih dapat menggunakan Google Maps tanpa terhubung dengan internet alias offline.


2. Waze

Waze adalah aplikasi yang juga banyak digunakan untuk penunjuk arah. Aplikasi ini mirip dengan Google Maps.

Waze memiliki tiga indikator warna kondisi lalu lintas. Jika jalanan berwarna merah, berarti lalu lintas sedang macet. Jika berwarna kuning, berarti kondisi sedang ramai. Dan jika berwarna abu-abu, kondisi lalu lintas sedang lancar.

Waze juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk saling bertukar informasi kondisi terkini di jalan. Misalnya penyebab kemacetan seperti ada tabrakan ataupun macet diakibatkan rest area membludak.


3. NTMC Mudik

NTMC Mudik juga menyediakan informasi bagi pemudik saat menuju kampung halamannya. Aplikasi ini menyediakan sejumlah informasi seperti rute jalan, peta mudik, informasi publik, Jasa Marga, hingga Jasa Raharja.

Selain itu, aplikasi ini juga menyiapkan nomor-nomor penting saat mudik seperti nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan macet, dan kecelakaan serta longsor hingga rumah makan.

4. JasamargaLive

Jasamarga Live memiliki keunggulan menyediakan fitur streaming CCTV di sejumlah titik jalur mudik. Fitur ini memungkinkan pemudik melihat kondisi jalan secara langsung dan memudahkan untuk menentukan jalan mana yang akan dilewati.

5. BPJT Info Tol

BPJT Info Tol menyediakan informasi seputar jalan tol. Informasi itu seperti cek tarif tol (informasi estimasi total tarif yang harus dikeluarkan antar-ruas tol semua golongan kendaraan dengan fitur navigasi serta lokasi gerbang tol), rest area (menampilkan lokasi fasilitas rest area terdekat), dan peta jalan tol.

Aplikasi besutan Kementerian PUPR ini juga memiliki fitur live update kondisi jalan tol terkini melalui CCTV.

Demikian aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh untuk memudahkan perjalanan mudik Anda.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait