Menguak 5 Obat-obatan Herbal yang Disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadis

  • Arry
  • 12 Jul 2022 06:26
Ilustrasi obat herbal(ist/ist)

Setiap orang sakit pasti membutuhkan obat-obatan agar cepat sembuh. Namun, tak jarang orang lebih memilih obat-obatan kimia. Padahal banyak obat-obatan herbal yang juga sudah terbukti khasiatnya, bahkan disebutkan dalam Al-Qur'an.

Dalam Hadis Riwayat Bukhari menyatakan, Nabi Muhammad SAW menyampaikan, “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut.”

Dari hadis ini menunjukkan pentingnya seseorang berikhtiar untuk mencari kesembuhan.

Sementara dalam hadis lainnya disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, "Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah 'azza wajalla." (HR. Muslim)

Hal ini menunjukkan, obat yang tepat dapat menjadi jalan kesembuhan bagi suatu penyakit.

Melansir laman LPPOM MUI, berikut lima jenis obat yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadis:

1. Madu

Dalam surat An-Nahl ayat 68-69 menyebutkan, "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."

Diketahui madu dapat digunakan untuk mengobati thypus, penurunan fungsi usus dan lambung yang disertai muntaber, lever kronis, impotensi umum, keracunan karena tertahannya air kencing, atau karena zat eksternal seperti zirnikh.


2. Kurma

Kurma diketahui kaya akan kandungan zat besi. Buah ini pun sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, kandungan zat besi pada kurma itu bisa mencegah anemia, kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi janin, serta fosfor untuk menutrisi sel otak dan sel reproduksi bagi wanita hamil.

Dalam Hadis Riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sarapan dengan tujuh butir kurma Ajwa setiap pagi akan terhindar dari bahaya racun dan sihir.”


3. Minyak Zaitun

Imam Al-Qurtubi menjelaskan, zaitun memiliki banyak khasiat terutama dalam bentuk ekstrak minyak. Minyak zaitun diketahui dapat mencegah sejumlah penyakit seperti penyakit kulit dan kanker payudara, kanker rahim, kanker perut, dan usus besar. Selain itu, minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi.

“… Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…” (QS. An-Nur, 35)


4. Habbatussauda (Jintan Hitam)

Khasiat Habbatussauda atau jintan hitam ini tertulis dalam riwayat Hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian." (HR Bukhori dan Muslim)

Kini diketahui Habbatussauda memiliki banyak manfaat seperti menguatkan sistem kekebalan tubuh, menetralisir racun hingga anti stres.


5. Jahe

Tanaman rempah jahe disebutkan dalam Al-qur'an surat Al Insan ayat 17. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”

Baca juga
6 Khasiat Jahe Bagi Kesehatan, tapi Simak Juga Efek Sampingnya

Khasiat jahe ini banyak sekali. Terutama bisa mengobati organ pernapasan seperti asma, batuk, dan meluruhkan dahak. Selain itu, jahe juga dipercaya dapat mengobati radang gusi, dan mencegah karies, meredakan radang sendi akibat cuaca dingin, mengatasi impotensi, lemah syahwat, mengatasi radang anus akibat sembelit akut, memperkuat otot jantung, mencegah terjadinya penggumpalan darah, serta mencegah penyumbatan jantung dan otak.

Demikian obat-obatan herbal yang disebutkan dalam Al-qur'an dan hadis.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait