Ribuan Ikan Sapu-sapi Mati di Kali Baru, Diduga Keracunan Jeroan Hewan Kurban

  • Arry
  • 11 Jul 2022 17:47
Viral ikan sapu-sapu mati di Kali Baru Kramat Jati, Jakarta Timur(ist/ist)

Ribuan ikan sapu-sapu mati di Kali Baru, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur. Ikan itu diduga mati karena keracunan limbah jeroan hewan kurban.

Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ikhsan Nasution, menjelaskan, menemukan fenomena matinya ikan sapu-sapu di saringan air Cililitan pada Senin, 11 Juli 2022, pagi pukul 07.00 WIB.

"Pas kita kerja kita lihat ikan pada 'ngambang' semua berbarengan sama jeroan, jeroan sapi, jeroan kambing," kata Ikhsan.

Menurut Ikhsan, peristiwa ini pernah terjadi beberapa tahun lalu dan bertepatan juga dengan momen Idul Adha. Selain menemukan ribuan ikan sapu-sapu mati, dia juga menemukan tumpukan jeroan kambing dan sapi yang terbungkus karung di Kali Baru itu.

"Sekarang yang lebih parah, kalau dulu tidak sebanyak ini. Kalau tidak diangkat dampaknya parah, buat bau. Makanya jeroan, bangkai hewan tidak boleh dibuang ke kali," ujar Ikhsan.

"Panitia kurban harusnya buat lubang untuk mengubur semua sampah kurban itu. Jangan dibuang di kali, apa pun alasannya," kata Ikhsan.

Menurutnya, dia sudah melaporkan temuan ikan mati itu ke Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Mengenai peristiwa ini, Humas Dinas Lingkungan Hidup, Yogi Ikhwan, menyatakan pihaknya telah mengambil sampel air Kali baru untuk diperiksa.

"Kita mengirim tim untuk mengambil sampel airnya untuk dianalisa di Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah," ujar Yogi.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait