6 Khasiat Kemiri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  • Arry
  • 11 Jul 2022 20:03
Manfaat dan khasiat kemiri(humas/bulelengkab.go.id)

Kemiri adalah salah satu biji tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu makanan. Biji bernama latin Aleurites moluccana itu ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Hal ini lantaran kemiri mengandung lemak tak jenuh tunggal, linoleat, dan linolenat, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, kemiri juga mengandung vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan.

Lalu, apa saja khasiat kemiri bagi kesehatan badan? Melansir halodoc, berikut khasiat kemiri:

  1. Menyehatkan Rambut
    Kemiri bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak kemiri. Minyak kemiri ini disebut bisa membuat rambut tidak mudah rontok dan melebatkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga bisa membuat warna rambut hitam alami.
  2. Membuat kulit bercahaya
    Kemiri diketahui mengandung senyawa antioksidan penting yang berasal dari vitamin A, C, dan E. Senyawa antioksidan dikenal dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel kulit.
  3. Mengatasi Gangguan Kesehatan Kulit
    Minyak kemiri disebut mengandung 42 persen asam linoleat dan 29 persen asam alfa-linolenat. edua kandungan itu disebut dapat mengatasi gangguan kesehatan kulit seperti eksim, kulit pecah-pecah, kulit terbakar matahari atau sunburn, hingga kulit pecah-pecah.
  4. Mengurangi Ketombe
    Minyak kemiri juga dapat mengatasi kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Asam gamma-linolenat yang terkandung dalam minyak kemiri dapat berperan sebagai kondisioner alami dengan mengembalikan kelembaban, dan memberikan kilau pada rambut.
  5. Melancarkan Pencernaan
    Kandungan serat pada kemiri dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, kemiri juga memiliki sifat antimikroba yang berperan penting dalam mengatasi diare.
  6. Memperkuat Kekebalan Tubuh
    Kandungan vitamin E dan C pada kemiri bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan juga berperan penting dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Demikian beberapa manfaat dari kemiri. Semoga bermanfaat.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait