Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan dan Risiko yang Bisa Ditimbulkan

  • Arry
  • 25 Agt 2022 17:41
Manfaat kerokan(ist/ist)

Kerokan merupakan salah satu pengobatan tradisional yang sering digunakan di Indonesia. Kerokan ini dipercaya dapat meringankan sejumlah penyakit atau ketika sedang masuk angin.

Kerokan dilakukan dengan menggunakan koin atau alat lainnya ke permukaan kulit yang telah diolesi minyak.

Gesekan koin ke kulit kemudian memunculkan garis-garis kemerahan. Secara medis, hal tersebut disebut petechiae atau ekimosis.

Sejumlah penelitian krokan bisa membuat afek antinyeri, antiradang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melansir alodokter, berikut manfaat kerokan secara medis:

  1. Meredakan sakit kepala
    Jika Anda mengalami sakit kepala, kerokan menjadi salah satu alternatif nutum meredakannya. Kerokan diduga dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga membantu meringankan sakit kepala, terutama sakit kepala yang terasa berdenyut atau migrain

  2. Meringankan nyeri leher
    Kerokan juga dapat mengurangi keluhan nyeri leher yang sudah berlangsung lama (kronis). Suatu penelitian menunjukkan bahwa terapi kerokan dapat meringankan nyeri di leher, meskipun efek ini berlangsung cukup singkat.

  3. Mengurangi pembengkakan payudara
    Payudara yang membengkak dan nyeri sering dialami oleh ibu menyusui karena produksi susu yang meningkat. Keluhan ini tentunya dapat menyulitkan proses menyusui.

  4. Mengurangi nyeri punggung bawah
    Terapi kerokan dapat mengurangi nyeri punggung bawah kronis. Menurut suatu penelitian, kerokan bermanfaat untuk mengurangi keparahan nyeri punggung bawah serta memudahkan penderitanya untuk kembali beraktivitas.

Namun harus diingat lagi, kerokan sebaiknya tidak dilakukan pada orang yang memiliki keluhan:

  • Gangguan pembekuan darah
  • Diabetes
  • Daya tahan tubuh yang lemah
  • Sedang mengonsumsi obat pengencer darah

Secara umum, kerokan bisa menjadi terapi yang aman dilakukan. Terutama untuk keluhan ringan seperti pegal, neyri otot, dan sakit kepala. Namun, sebaiknya kerokan dilakukan oleh orang yang ahli.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait