5 Khasiat Kayu Bajakah Untuk Kesehatan, Ini Daftar Penyakit yang Bisa Dicegah

  • Arry
  • 16 Jul 2022 09:58
Manfaat dan khasiat kayu bajakah bagi kesehatan(ist/ist)

Kayu bajakah menjadi sorotan di dunia kesehatan. Kayu asal Kalimantan ini diklaim bisa mencegah sejumlah penyakit.

Kayu bajakah ini pun membawa tiga pelajar asal Indonesia meraih medali emas ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan pada 2019.

Dari hasil penelitian mereka, disebutkan, kayu bajakah memiliki kandungan senyawa penting. Seperti fenolik, flavonoid, saponin, dan tanin.

Kayu bajakah biasanya dikonsumsi dengan cara direbus. Dan air hasil rebusan kayu bajakah disebut memiliki banyak manfaat dan dapat mencegah berbagai penyakit.

Melansir Halodoc, berikut manfaat kayu bajakah dan daftar penyakit yang bisa dicegah:

1. Mencegah Obesitas

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico menunjukkan, konsumsi ekstrak kayu bajakah tampala efektif menurunkan kadar Reactive Oxygen Species (ROS) pada tikus yang mengalami obesitas.

ROS berfungsi sebagai molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Kadar ROS yang tinggi juga berkaitan erat dengan obesitas. Selain itu, ekstrak kayu bajakah juga dapat menurunkan berat lemak visceral atau lemak aktif secara efektif.


2. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat kayu bajakah lainnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena akar bajakah mengandung senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponin, dan fenol.

Kandungan senyawa itu berfungsi menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh. Selain itu, tanin juga dapat melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah.


3. Mencegah Diabetes

Melansir WebMD, sejumlah penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari senyawa flavonoid. Salah satunya adalah mencegah penyakit seperti diabetes melitus.

Kandungan flavonoid pada akar bajakah disebut dapat mencegah diabetes dan komplikasinya. Meski demikian, ada baiknya juga berkonsultasi juga dengan dokter diabetes.


4. Mencegah penyakit kanker hingga alzheimer

Senyawa flanovid dalam kayu bajakah juga memiliki manfaat mencegah sejumlah penyakit kronis. Hal ini karena ciri dari flanovid yang bisa membantu tubuh melawan racun dan stres sehari-hari.

Kandungan flavonoid pada bajakah merupakan antioksidan yang kuat, dan dapat mencegah berbagai risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit kognitif seperti alzheimer dan demensia.


5. Menurunkan risiko penyakit hati

Berdasarkan penelitian yang terbit pada The Journal Of Tropical Life Science, kandungan antioksidan dalam kayu bajakah juga bisa mencegah kerusakan hati.

Demikian 5 manfaat kayu bajakah bagi kesehatan tubuh. Namun, jika mengalami penyakit tersebut, agar konsultasi juga dengan dokter.

 

Artikel lainnya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait