5 Minuman yang Ampuh Atasi Asam Urat

  • Arry
  • 21 Agt 2022 12:23
Ilustrasi asam urat(ist/ist)

Asam urat adalah sebuah penyakit peradangan pada sendi yang terjadi akibat kadar asam urat atau uric acid dalam tubuh terlalu tinggi. Penyakit ini termasuk jenis penyakit arthritis atau radang sendi yang umum terjadi.

Penyebab terjadinya asam urat ini karena uric acid terlalu tinggi. Dalam kondisi normal, uric acid akan dikeluarkan melalui urine dan feses.

Namun jika kadar asam urat normal berlebih, zat tersebut akan menumpuk dan membentuk kristal di sekitar sendi. Penumpukan kristal urat ini yang kemudian menimbulkan peradangan.

Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan pola makan yang tidak sehat. Seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Selain makanan, faktor usia dan obesitas juga bisa menjadi penyebab terjadinya asam urat.

Ada beberapa minuman yang bisa mencegah terjadinya asam urat. Jika diminum secara teratur, maka tubuh dapat mengontrol kadar asam urat.

Berikut lima minuman yang ampuh atasi asam urat:

1.Teh Hijau

Berdasarkan penelitian, minum teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan asam urat. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu memerangi peradangan yang terjadi.


2. Susu Rendah Lemak

Minum susu yang rendah lemak dengan teratur dapat membantu mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Susu itu seperti susu skim atau yoghurt bisa menjadi pilihan.


3. Air Lemon

Air perasan lemon kaya akan vitamin C. Hal ini dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh. Namun, konsumsinya jangan berlebihan.


4. Teh Herbal

Teh herbal seperti chamomile, lavender, hijau dan kembang sepatu dapat membantu tubuh Anda untuk dapat mengelola asam urat. Mengonsumsi teh herbal itu dapat meningkatkan konsumsi cairan yang dapat melawan gejala asam urat.


5. Kopi

Kopi ternyata juga juga bisa mengatasi gejala asam urat. Namun, para ahli menyarankan kopi yang dikonsumsi itu adalah yang dibuat dengan susu skim atau susu rendah lemak (tanpa gula). Disarankan agar tidak meminum kopi tanpa gula lebih dari dua cangkir dalam satu hari.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait