Escargot Kuliner Berbahan Bekicot yang Kaya Kandungan Gizi, Ini Manfaatnya

  • Arry
  • 29 Jul 2022 17:07
Escargot makanan berbahan daging bekicot yang harganya sangat mahal di Prancis(ist/ist)

Escargot adalah makanan mewah berbahan baku daging bekicot. Makanan ini sangat populer di Prancis.

Di Jepang, escargot bahkan hanya diolah dengan menggunakan bumbu jahe, cuka dan pemanis. Sementara di Prancis, escargot ini menjadi santapan dengan harga yang mahal.

Selain rasanya gurih, escargot ternyata kaya akan manfaat. Hal ini karena escargot mengandung protein yang tinggi, rendah lemak, rendah karbohidrat, kaya akan zat besi, magnesium, kalium, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang penting sebagai antioksidan.

Komponen asam amino sebagai penyusun protein juga ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak. Asam amino mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Selain itu juga ditemukan kandungan mineral kalsium, fosfor, dan magnesium.

Melansir halodoc, berikut manfaat dari escargot:

  • Menyembuhkan penyakit asma

Berdasaran beberapa penelitian ilmiah, ada beberapa zat yang terdapat pada escargot dapat menyembuhkan penyakit asma. Caranya adalah dengan memberikan daging escargot secara rutin pada pengidap asma.

  • Baik untuk Perkembangan Otot

Escargot kaya akan kandungan protein hewani dan asam amino yang cukup tinggi. Protein dan asam amino adalah zat yang dapat membantu otot menjadi lebih berkembang dan meningkatkan kekuatan fisik.

  • Menyembuhkan Gatal-Gatal

Escargot juga dapat menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit seperti kutu air, kudis, dan lainnya. Hal ini berasal dari kandungan lendir alami yang terdapat dalam escargot yang dapat meredakan penyakit gatal serta mencegah peradangan. Bahkan dalam dunia pengobatan, escargot kerap digunakan sebagai obat herbal dengan varian seperti dijadikan sate atau sup.

  • Meredakan Panas Dalam

Escargot memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa meredakan panas dalam. Escargot selalu dimasak dengan berbagai macam rempah dan bumbu agar aromanya lebih wangi serta lendirnya hilang. Kandungan rempah-rempah yang digunakan ini juga dapat membantu meredakan panas dalam.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait