11 Manfaat Jahe Merah Campur Madu: Baik Untuk Diet dan Kesuburan Pria

  • Arry
  • 28 Jul 2022 16:21
Manfaat jahe merah(ist/ist)

Manfaat jahe merah dicampur madu sudah tidak diragukan lagi. Campuran rempah-rempah dan madu ini banyak digunakan untuk pengobatan alami seperti untuk diet hingga untuk kesuburan pria.

Jahe merah atau Zingiber officinale varietas Rubrum ini ukurannya lebih kecil dibanding jahe biasa. Namun rasanya lebih pedas dan lebih baik sebagai obat tradisional.

Jahe merah ini mengandung senyawa seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Senyawa-senyawa itu jika dicampur dengan madu, khasiatnya akan lebih banyak lagi.

Melansir sejulah sumber, berikut 11 manfaat jahe merah yang dicampur madu:

1. Mencegah rematik

Manfaat jahe merah dan madu adalah baik untuk mencegah rematik. Dilansir Doktersehat, jahe merah memiliki kandungan yang mampu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Mengolahnya cukup mudah. Rebus rimpang jahe berah bersama temulawak, cabe jawa, kumis kucing dan daun komfrey hingga mendidih. Air rebusan itu kemudian dicampur dengan madu sesuai dengan selera. Minum dua kali sehari.


2. Mengatasi nyeri haid

Manfaat jahe merah dan madu bisa untuk mengatasi nyeri haid. Caranya rebus jahe merah kemudian air rebusan itu dicampur dengan madu.

Baca juga
6 Khasiat Jahe Bagi Kesehatan, tapi Simak Juga Efek Sampingnya


3. Mengurangi berat badan

Manfaat jahe merah dan madu juga bisa mengurangi berat badan. Melansir Deltomed, ekstrak jahe merah bermanfaat dikonsumsi setiap hari. Hal ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama dan bagus untuk membakar kalori.


4. Mencegah mual

Manfaat jahe merah dan madu juga bagus untuk mengatasi mual. Melansir National Center for Biotechnology Information (NCBI), jahe merah dan madu ini efektif mengurangi rasa mual bagi ibu-ibu yang sedang hamil, orang yang baru operasi, hingga pasien yang menjalani kemoterapi.


5. Sebagai Antioksidan

Manfaat jahe merah dan madu dapat menjadi antioksidan alami. Antioksidan merupakan zat yang baik untuk melindungi sel-sel tubuh.


Selanjutnya meningkatkan kesuburan pria >>>

 

Berita Terkait