Bukan Santet, Dokter Bedah Temukan 50 Baterai di Perut Wanita Ini

  • Arry
  • 17 Sep 2022 19:28
Ilustrasi baterai(@john_cameron/unsplash)

Seorang wanita berusia 66 tahun asal Irlandia membuat heboh. Di dalam perutnya ditemukan 55 baterai.

Seperti dipublikasikan Jurnal Kesehatan Irlandia pada Kamis, 15 September 2022, wanita itu tidak kena santet. Namun diketahui dia sengaja melukai dirinya sendiri dengan menelan puluhan baterai tersebut.

Awalnya, wanita itu diketahui hanya menelan sejumlah baterai silinder. Namun, ternyata dia terus sengaja memakan baterai dalam berbagai bentuk.

Wanita itu pun kemudian langsung dilarikan ke RS Universitas St. Vincent di Dublin. Dari rontgen yang dilakukan, diketahui ada lebih dari satu jenis baterai dalam perutnya.

Beruntung, baterai-baterai itu tidak ada yang menyumbat saluran pencernaannya. Selain itu, kondisi baterai di dalam perut wanita itu juga juga tidak ada yang rusak.

Tim dokter pun harus bekerja keras mengeluarkan baterai-baterai tersebut. Pertama-tama, mereka melakukan observasi terhadap pasien untuk melihat ada berapa baterai yang bisa kembali dieskresikan.

Hasilnya, setelah satu pekan, wanita itu mengeluarkan sebanyak lima baterai ukuran AA. Pada pekan ketiga, pasien mulai mengeluhkan sakit di perutnya.

Tim dokter kemudian membawwa wanita tersebut ke ruang operasi untuk tindakan laparotomi, yakni tindakan dimana dokter bedah membuat irisan untuk mengakses bagian dalam rongga perut pasien.

Tim dokter menemukan lambung yang tertarik turun karena berisi banyak baterai. Kondisi lmabung telah melar dan memanjang ke area tulang kemaluan.

Langkah selanjutnya, tim dokter membuat lubang kecil pada lambung itu. Dan ditemukan 46 baterai ukuran AA dan AAA. Sebanyak empat baterai lagi kemudian ditemukan di usus besar.

Total baterai yang ditemukan sebanyak 55. Dan pada pemeriksaan akhir, tim dokter memastikan saluran pencernaan pasien itu telah bersih dari baterai.

"Dari yang kami tahu, ini adalah kasus menelan jumlah baterai terbesar pada satu waktu kejadian," bunyi isi laporan tim dokter itu.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait