7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Khas Semarang: Lumpia Hingga Roti Ganjal Rel

  • Arry
  • 21 Sep 2022 14:54
Kuliner legendaris Semarang: Lumpia goreng(ist/ist)

Semarang merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah. Mulai dari wisata budaya, alam, hingga kuliner.

Makanan khas Semarang tidak kalah nikmatnya dengan daerah lain. Mulai dari makanan kering hingga basah.

Berikut kuliner yang bisa dicicipi saat berwisata di Semarang:

1. Lumpia

Saat di Semarang, Lumpia menjadi paling dicari. Kuliner ini biasanya menggunakan rebung sebagai isian. Namun kini berkembang ada lumpia yang berisi daging ayam hingga udang.


2. Wingko Babat

Wingko babat menjadi kuliner khas dari Semarang. Makanan tradisional ini terbuat dari parutan kelapa yang dipadu dengan tepung ketan, gula pasir, dan telur. Saat ini wingko babat memiliki varian rasa.


3. Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan jajanan tradisional Semarang lainnya. Kuliner ini terbuat dari tahu goreng, sayuran, dan bakwan udang. Sajian ini makin nikmat dengan siraman kuah kacang encer dan campuran bumbu petis udang.


4. Babat Gongsong

Babat Gongso merupakan salah satu kuliner legendaris Semarang. Makanan ini berbahan utama babat atau lambung sapi yang disajikan dengan ditumis atau dalam bahasa Semarang disebut Gongso. Babat gongso ini makin nikmat disajikan dengan kecap, kaldu jamur serta gula merah dan sambal.


5. Mie Kopyok

Mie Kopyok adalah kuliner mie khas Semarang. cara penyajiannya adalah mie telor yang disajikan dengan tahu pong, kerupuk gendar, kecambah, daun seledri serta lontong menambah nikmat kuliner ini.


6. Tahu Petis

Tahu petis juga menjadi kuliner khas Semarang. Seperti namanya, kuliner ini adalah tahu goreng yang diberi bumbu petis yang pekat dengan tambahan cabai rawit.


7. Roti Ganjel Rel atau Roti Gambang

Roti ganjal rel atau roti gambang berasal dari zaman Belanda. Roti ini menjadi hidangan sarapan bagi warga belanda saat zaman penjajahan. Selain untuk sarapan, roti ganjal rel ini juga nikmat disantap sebagai minum teh atau kopi saat sore hari.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait