15 Obat Sirup di RI Mengandung Etilen Glikol, Zat Penyebab Gangguan Ginjal Anak

  • Arry
  • 20 Okt 2022 06:39
Ilustrasi obat Paracetamol cair(ist/ist)

Wakil Menteri Kesehatan, dokter Dante Saksono Harbuwono, mengungkapkan sebanyak 15 produk obat sirup di Indonesia mengandung Etilen Glikol, zat yang disebut menjadi penyebab gangguan ginjal akut anak.

"Kita sudah mengidentifikasi 15 dari 18 obat yang diuji uji sirup masih mengandung etilen glikol," kata Dante di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

Namun Dante tidak menyebutkan 15 produk obat sirup tersebut. Termasuk 18 produk yang tengah diuji terkait kandungan Etilen Glikol.

Baca juga
Cegah Gangguan Ginjal Akut Misterius, IDAI: Setop Parasetamol Cair Untuk Anak

Zat Etilen Glikol sendiri juga kerap digunakan sebagai bahan baku industri serat polister, serta bahan membantu dalam produk pestisida, karet, dan sebagainya.

"Kita terus melakukan investigasi dan melakukan beberapa hal untuk identifikasi kelainan ginjal akut pada anak tersebut. Salah satunya identifikasi adalah penyebab infeksi karena obat-obatan," jelas Dante,

"Ada obat-obatan -- khususnya sirup -- sudah dilakukan pemeriksaan di laboratorium pusat forensik dan sedang kita identifikasi lagi, obat mana saja yang bisa menyebabkan kelainan ginjal tersebut."


Selanjutnya setop pemberian resep dan penjualan obat sirup >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait