5 Doa yang Bisa Dipanjatkan untuk Bunda di Hari Ibu 22 Desember

  • Arry
  • 22 Des 2022 11:07
Ilustrasi berdoa(@masjidmpd/unsplash)

Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Namun, untuk berbakti kepada ibunda, tidak harus terpaku pada saat perayaan tertentu.

Dalam Islam, kedudukan seorang ibu ditegaskan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah bahkan menyebutkan Ibu tiga kali sebagai sosok yang paling dihormati.

Dari Mu’awiyah bin Haidah Al Qusyairi radhiallahu’ahu, beliau bertanya kepada Nabi:

“wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya” (HR. Al Bukhari).

Hadiah terbaik yang bisa diberikan seorang anak kepada ibu adalah sebuah lantunan doa. Simak lima doa yang bisa dibaca termasuk pada saat perayaan Hari Ibu 22 Desember:

  • Doa Meminta Ampunan Dosa Orang Tua

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya, "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

  • Doa Agar Ibu Diberi Kebahagiaan

Allahumma as’ad ummi kamaa as’adatni kabiira.

Artinya: "Ya Allah, gembirakanlah ibuku sebagaimana ibuku sangat-sangat menggembirakan aku."

  • Doa Agar Ibu Diberi Kesembuhan

Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba'sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.

Artinya: "Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

  • Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Allahugahfirlahaa warkhamhaa wa'aafihaa wa'fu 'anhaa yaa rabbal'aalamiin. 

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah rahmat yang luas kepadanya (arwah ahli kubur) dengan berkat Al-Quran yang agung, ampunilah ia dengan ampunan yang luas, wahai Penguasa dunia dan akhirat, Tuhan sekalian alam."

  • Doa Agar Amal Ibu Diterima Allah SWT

Allahumma taqobbal min ummi a’maaluha soghiiraha wa kabiiraha.

Artinya: "Ya Allah, terimalah segala amalan ibuku sekecil-kecilnya dan sebesar-besarnya."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait