Cerita Suti Karno Malas Minum Air Putih dan Gemar Air Soda Berujung Kaki Diamputasi

  • Arry
  • 26 Des 2022 18:09
Komedian Suti Karno(@deddycorbuzier/youtube)

Suti Karno berbagi kisah berjuang menghadapi penyakit diabetes yang dialaminya selama 18 tahun. Penyakit itu bahkan memaksa adik kandung Rano Karno itu kehilangan kakinya.

Suti Karno menceritakan, hal ini bermula saat kebiasaannya di masa muda yang enggan minum air putih. Pemeran Atun dalam serial Si Doel Anak Seklahan itu pun lebih memilih minuman manis dan bersoda.

"Saya diabetes itu sudah hampir 18 tahun, sejak anak saya yang kecil. Tapi ya itu kan kesalahan kita, kesalahan kita waktu muda enggak pernah dengerin orang tua omong," kata Suti saat hadir di Rumpi Trans TV beberapa waktu lalu.

"Saya tidak pernah minum air putih, jujur. Saya selalu minum minuman bersoda, sama sekali tidak pernah minum air putih," lanjutnya.

Baca juga
Suti Karno Buka Suara Soal Nikah Sesama Jenis dan Punya Akta Lahir Laki-laki

Kebiasaan itu pun harus diterima saat dia divonis mengidap diabetes. Suti Karno pun mengaku langsung mengurangi gaya hidupnya yang gemar minuman bersoda tersebut.

Namun, penyakit diabetes itu terus menggerogoti kesehatannya. Suti Karno pun harus kehilangan kakinya karena diabetes tersebut.

Kini, dia belum bisa beraktivitas normal. Sebab, masih menjalani terapi menggunakan kaki palsu.

"Dua bulan yang lalu diamputasi, kaki saya. Jadi saya belum bisa beraktivitas normal, mudah-mudahan 1-2 bulan ke depan saya bisa pakai kaki palsu," ucap Suti. "Sekarang ini saya lagi menjalani fisioterapi."

Suti Karno mengaku, keputusan untuk mengamputasi kakinya itu adalah keinginannya sendiri.

"Soalnya kan memang merambat itu luka saya, karena pembuluh darah saya itu udah rusak yang bagian atas. Saya bilang, 'Dok kenapa enggak potong aja dah?'" ucap Suti.

Baca juga
Rini S Bon Bon Kena Diabetes Militus Sebelum Meninggal, Ini Gejala dan Penyebabnya

"Saya yang penting masih punya semangat, yang penting Allah masih kasih kesempatan kita untuk berbuat baik," lanjutnya.

Suti Karno tidak sendirian menghadapi penyakit tersebut. Dia mendapat dukungan penuh dari sang kakak, Rano Karno, untuk menghadapi diebetes tersebut.

"Cepat sembuh adikku Atun @sutykarno," tulis Rano Karno dalam Instagram Story.

"Semangat sehat adikku sayang. Doa kami untuk kesembuhanmu. Jangan menyerah," doa Dewi Indriati, istri Rano Karno dalam unggahan Instagram.

Baca juga: Menyoal Surat Sakit Online 15 Menit Jadi: IDI Murka, Pembuat Terancam 6 Tahun Bui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait