Heboh Ustaz Live Tiktok Saat Sholat Tarawih Diduga Minta Saweran, Ini Kata MUI

  • Arry
  • 24 Mar 2023 14:53
Ilustrasi Sholat Iduladha(envato/envato)

Aksi seorang ustaz melakukan siaran langsung atau live di aplikasi Tiktok saat sholat Tarawih bikin heboh. Tak hanya live di TikTok saat menjadi imam sholat Tarawih, ustaz itu juga diduga meminta saweran dari siaran langsung tersebut.

Aksi ustaz ini viral di Twitter. Salah akun mengunggah tangkapan layar aksi ustaz tersebut. Namun tidak diketahui lokasi peristiwa itu terjadi dimana.

Dalam tangkapan layar terlihat ustaz tersebut sedang menjadi imam sholat. Tak hanya itu, dia juga terbuka menerima gift alias saweran dari penonton.

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, KH Asrorun Niam Sholeh memberi pendapat. Menurutnya, pada prinsipnya sholat itu adalah ibadah mahdlah, kewajiban keagamaan yang bersifat dogma, sebagai cermin kepatuhan dan ketertundukan kepada Allah SWT.

Aksi ustaz live tiktok saat sholat tarawih

Menurutnya, aksi sang ustaz melakukan siaran langsung saat menjadi imam sholat, tidak ada masalah. Sepanjang pelaksanaan sholat sesuai dengan syarat dan rukunnya.

"Kalau motivasinya untuk memberikan inspirasi bagi orang lain untuk salat, bagus. Tapi kalau motivasinya untuk pamer, bisa hilang pahalanya," kata Asrorun.

Namun, Asrorun berharap para ustaz sebaiknya tidak meminta saweran atau gift saat live di media sosial.

"Ya jangan (minta saweran), salat itu merupakan kewajiban setiap individu muslim. Sifatnya personal, hubungan antara hamba dengan Allah SWT," tutup dia.

Artikel lainnya: Patung Bunda Maria di Kulon Progo Ditutup Terpal, Polisi Angkat Bicara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait