Patung Bunda Maria di Kulon Progo Ditutup Terpal, Polisi Angkat Bicara

  • Arry
  • 24 Mar 2023 10:33
Patung Bunda Maria di Kulon Progo ditutup terpal(ist/ist)

Sebuah video penutupan patung Bunda Maria yang terletak di Rumah Doa Sasana Adhi Rasa ST Yacobus, Dusun Degolan, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kulon Progo, viral di media sosial.

Dalam video yang viral, patung setinggi enam meter itu ditutup menggunakan kain terpal berwarna biru oleh sejumlah orang. Penutupan dilakukan pada Rabu, 22 Maret 2023.

Kemudian beredar narasi aksi penutupan patung Bunda Maria ini dilakukan karena adanya desakan dari suatu ormas. Alasannya, patung tersebut dinilai mengganggu kekhusyukan umat muslim yang menjalani ibadah puasa Ramadan.

Polisi pun angkat bicara soal aksi penutupan patung Bunda Maria tersebut. Polisi pun sudah melakukan klarifikasi dengan pemilik rumah doa tersebut dengan dihadiri perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Paroki serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kulon Progo.

Patung Bunda Maria di Kulon Progo ditutup terpal

Hasilnya, polisi mengakui adanya penutupan patung Bunda Maria tersebut. Namun, penutupan itu bukan karena desakan dari ormas.

Penutupan itu dilakukan karena rumah doa yang dibangun pada Desember 2022 tersebut masih dalam proses penyelesaian. Selain itu, rumah doa itu juga masih dalam tahap pengurusan perizinan.

"Oleh karena itu dari pemilik yang kebetulan domisilinya di Jakarta menyampaikan kepada adik kandungnya (pengelola rumah doa) untuk sementara di rumah doa itu karena terdapat patung Bunda Maria, untuk sementara ditutup menggunakan terpal," kata Kapolres Kulon Progo, AKBP Muharomah Fajarini.

"Inisiatif menutupi patung dengan terpal tersebut adalah murni dari pemilik rumah doa. Dan yang melakukan penutupan adalah dari pihak keluarga yang diwakili adik kandung," jelasnya pada Kamis, 23 Maret 2023.

Artikel lainnya: Sang Ayah Ungkap D Kini Alami Trauma Saraf Usai Dianiaya Sadis Mario Dandy

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait