Sudah Pulang, Ini Perjalanan 53 Hari David Ozora Dirawat Usai Dianiaya Mario Dandy

  • Arry
  • 17 Apr 2023 13:05
David Ozora Akhirnya Pulang ke Rumah usai 53 hari dirawat(@tidvrberjalan/instagram)

Cristalino David Ozora, 17 tahun, akhirnya diperbolehkan pulang. Dia dirawat selama 53 hari usai menjadi korban penganiayaan Mario Dandy Satrio.

David Ozora dianiaya Mario Dandy pada 20 Februari 2023. Akibatnya dia mengalami cedera parah pada kepala. Putra petinggi GP Ansor, Jonathan Latumahina itu akhirnya dirawat di RS Mayapada, Jakarta.

Spesialis saraf RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, dr Yeremia Tatang SpS mengungkapkan perkembangan kondisi David sejak pertama kali masuk hingga diperbolehkan pulang.

"Dari awal David masuk itu memang kondisinya koma dan memang ada infeksi cukup berat akibat cedera yang dialami tersebut," ujar dr Yeremia di Jakarta, Minggu, 16 April 2023.

Baca juga
David Ozora Akhirnya Pulang ke Rumah Hari Ini, Begini Kondisi Terbarunya

Dokter Yeremia menjelaskan, kondisi David mulai membaik setelah satu pekan menjalani perawatan. Kondisinya pun terus membaik pada pekan selanjutnya.

Menurutnya, tim dokter melakukan sejumlah perawatan khusus untuk David berupa multi aspect treatment. Hal ini pun membuat kondisi David terus membaik.

"Kurang lebih perubahan itu mulai tampak pada minggu keempat. Saat itu motoriknya mulai membaik dan kesadarannya itu mulai membaik," jelas dr Yeremia.

"Jadi mulai bisa merespon terhadap lingkungan dan juga bisa mengikuti command (perintah)," lanjutnya.

Baca juga
Ini Alasan Hakim Vonis AG 3,5 Tahun Penjara: David Alami Kerusakan Otak Berat

Hingga akhirnya dokter memperbolehkan David pulang ke rumah karena kondisi motoriknya sudah jauh membaik. Meski demikian, David masih memerlukan perawatan yang cukup panjang untuk memulihkan bagian motorik halus dan kognitif.

"Jadi kita pulangkan hari ini itu karena dari sisi motoriknya jauh lebih membaik, kognisinya juga jauh membaik walaupun tidak 100 persen. Tetapi ini jauh lebih baik dibandingkan kondisi pertama yaitu koma," kata dr Yeremia.

Selain itu, David juga sudah bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti makan, minum, hingga menggunakan handphone.

Baca juga
Tawa David Ozora Bisa Pegang Kumis Gondrong Adam Suseno, Suami Inul Daratista

Setelah berada di rumah, David akan menjalani perawatan khusus. Bahkan ayah David menyulap kamar anaknya seperti ruangan Intensive Care Unit (ICU).

"Perlakuan home care ini sama seperti ICU, yaitu: tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan RS, oksigen, concentrate dan monitor EKG," tulis Jonathan melalui akun Instagram-nya, @tidvrberjalan.

"Karena masih masuk penanganan perawatan tingkat tinggi (HCU) maka David belum bisa dikunjungi secara bebas," lanjutnya.

Artikel lainnya: Kronologi Penangkapan Yudo Andreawan Pembuat Onar Stasiun Manggarai: Kena Jebakan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait