Ada 2 Logo Ayam Goreng Suharti, Mana yang Asli?

  • Arry
  • 18 Apr 2023 13:35
Dua logo Ayam Goreng Suharti dan Ny Suharti, mana yang asli(ist/ist)

Bagi pecinta kuliner, pasti sudah mengenal rumah makan Ayam Goreng Suharti. Bermula dari Yogyakarta, kini rumah makan ini udah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

Cita rasa Ayam Goreng Suharti sudah tidak perlu diragukan. Menu ayam kampung dengan bumbu rempah yang khas dengan sambal yang nikmat menjadi ciri khas rumah makan yang telah ada sejak lebih dari 30 tahun silam.

Namun, jika Anda mencari Ayam Goreng Suharti di mesin pencari Google, maka akan terpampang dua logo yang mengatasnamakan Suharti.

Ayam Goreng Suharti identik dengan logo yang menampilkan wajah Suharti yang bersanggul dan memakai kebaya. Kini ada pula rumah makan yang memakai nama Suharti dengan logo gambar dua ayam dengan huruf S di tengahnya dengan nama Ny Suharti. Mana sih yang asli?

Baca juga
Resep Ayam Goreng Ny Suharti, Lezatnya Bikin Nagih

Berdasarkan penelusuran, dua rumah makan tersebut asli dan memiliki resep dan menu yang sama. Namun, dua rumah makan tersebut dikelola orang berbeda.

Untuk rumah makan berlogo dua ayam dengan nama Ny Suharti dikelola oleh Bambang Sachlan. Sementara rumah makan lainnya dikelola langsung Suharti.

Awalnya, Ayam Goreng Ny Suharti berlogo dua ayam goreng dikelola langsung Suharti beserta suaminya, Bambang Sachlan. Keduanya mendirikan rumah makan Ayam Goreng Ny Suharti pada 1972 dan berlokasi di Jalan Sucipto No.208, Yogyakarta.

Usaha mereka terus berkembang. Hingga pada 1984 keduanya sepakat membuka Ayam Goreng Ny Suharti di sejumlah lokasi seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan.

Pada 1991, Suharti dan Bambang Sachlan bercerai. Keduanya pecah kongsi. Dari putusan pengadilan memutuskan, merek Ayam Goreng Ny Suharti berlogo dua ayam dikuasai Bambang Sachlan, sebagai nama yang terdaftar pemilik resmi merek Ny Suharti.

Akhirnya Ayam Goreng Ny Suharti berlogo dua ayam beserta asetnya dikuasai oleh Bambang Sachlan.

Suharti sendiri akhirnya memutuskan mendirikan rumah makan ayam goreng dengan nama Suharti. Bedanya, dia tidak menambahkan nama Ny dan memakai logo wajah dirinya.

Kini orang lebih banyak mengenal rumah makan ayam goreng milik Suharti yang asli. Padahal rumah makan ayam goreng Ny Suharti juga asli.

Artikel lainnya: Mudik Jalur Pantai Selatan Bisa Jadi Alternatif, Ini Rutenya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait