Resep Ketupat Lebaran: Empuk, Nikmat dan Tidak Mudah Basi

  • Arry
  • 20 Apr 2023 16:51
Makna dan filosofi ketupat(mufid majnun/unsplash)

Ketupat menjadi salah satu menu wajib saat Lebaran. Makanan berbahan beras yang dibungkus daun lontar atau kelapa ini nikmat disantap bersama dengan opor ayam, rendang daging, hingga sambal goreng ati.

Membuat ketupat mudah dan tidak sulit. Namun, harus diperhatikan cara mengolahnya untuk membuat tekstur ketupat empuk, nikmat, dan tentunya tidak mudah basi.

Supaya tidak salah, berikut cara membuat ketupat Lebaran agar empuk, nikmat, dan tidak mudah basi:

Bahan Bahan

25 biji ketupat daun lontar/janur kuning
1 kg beras
1 sdm garam/optional
2 lembar daun pandan
Air secukupnya hingga terendam ketupatnya

Baca juga
Sejarah dan Filosofi Ketupat Jadi Sajian Utama Saat Lebaran

Cara membuat ketupat

  1. Anyam daun lontar jadi ketupat/bisa beli yang sudah dianyam, beras bersihkan kemudian rendam air min 3 jam, tiriskan, isi ketupat dengan beras 2/3 bagian, jangan terlalu penuh karena berasnya akan mekar.
  2. Masukkan ketupat dan daun pandan serta garam dipanci presto/panci biasa hingga terendam air kemudian direbus (panci presto 1 jam, panci biasa 2 jam), kalo beras tidak direndam dan merebusnya kurang lama ketupatnya kurang lembut lumer
  3. Setelah mekar dan matang, angkat ketupat dan tiriskan.

Tips membuat ketupat antigagal dan tidak mudah cepat basi:

Pilihlah Anyaman Yang Hijau Cerah

Anyaman yang berwarna hijau cerah menandakan daun tersebut berasal dari daun kelapa yang masih muda. Daun yang masih muda dan segar tidak mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. Jadi ketupat yang dihasilkan akan lebih enak, empuk dan tahan lama.

Takaran Beras

Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit atau ditiriskan terlebih dahulu. Jika menggunakan beras pulen, sebaiknya ketupat diisi 2/3 bagian, karena beras pulen akan mengembang dengan sempurna.

Merebus Dengan Panci Biasa

Jika menggunakan panci biasa, pilihlah panci yang lebih besar. Agar ketupat yang yang dimasak dapat matang dengan sempurna. Jika air di dalam panci mulai menyusut, sebaiknya tambahkan lagi air mendidih agar suhunya lebih stabil.

Cara Penyimpanan

Jika ketupat yang kamu buat berlebih, sebaiknya simpan ketupat ke dalam kulkas dengan membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu agar tidak cepat kering karena suhu dingin. Ketupat dapat dikukus (bukan direbus) untuk menghangatkan kembali. Ketupat yang masih utuh akan tetap empuk dan lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang telah dipotong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait