6 Cara Alami Mengolah Daging Kambing Agar Cepat Empuk dan Tak Bau Prengus

  • Arry
  • 29 Jun 2023 09:15
Ilustrasi mengolah daging kambing(ist/ist)

Daging kambing harus diolah dengan tepat. Sebab, salah-salah pengolahan bisa membuat daging kambing berbau prengus dan alot. Padahal mengonsumsi daging kambing adalah hal yang paling ditunggu saat Idul Adha.

Ada sejumlah cara alami yang bisa dilakukan untuk mengolah daging kambing cepat empuk dan tidak berbau prengus.

Melansir dari laman Bango, berikut 6 cara alami mengolah daging kambing agar cepat empuk dan tak berbau prengus:

  1. Jangan mencuci daging kambing
    Sebelum dimasak, daging kambing sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu. Mencuci daging akan membuat tekstur lebih alot dan aroma bau prengus lebih keluar. Apabila sudah terlanjur mencuci daging, Anda bisa langsung menambahkan taburan garam untuk menetralisir bau prengus.
  2. Marinasi daging kambing dengan nanas
    Buah nanas sudah lama dikenal untuk membantu daging kambing lebih empuk. Namun, rupanya nanas juga ampuh untuk menghilangkan bau prengusnya. Caranya dengan memotong nanas menjadi kecil-kecil atau memarut buah nanas segar. Setelah itu, balurkan pada daging yang akan diolah dan tunggu minimal 20 menit.
  3. Bungkus dengan daun pepaya
    Daun pepaya dikenal ampuh sebagai penghilang bau prengus sekaligus membuat daging kambing menjadi empuk. Sebelum memasak, bungkus dan remas daging kambing menggunakan daun pepaya minimal 45 menit.
  4. Pilih bagian prime cut daging kambing
    Daging prime cut lebih mudah dioleh karena tidak mengandung banyak jaringan otot hingga lebih cepat empuk saat dimasak. Salah satunya adalah bagian prime cut yaitu daging khas dalam, luar iga, dan paha atas.
  5. Baluri dengan rempah-rempah
    Bau prengus bisa dihilangkan dengan membalurkan rempah-rempah pada daging. Rempah itu berupa jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh dan bawang putih yang dihaluskan. Diamkan lalu tambahkan bumbu lainnya.
  6. Potong daging kambing menjadi potongan kecil
    Cara lain yang bisa digunakan agar daging menjadi empuk adalah dengan memotong daging melawan seratnya, memotong daging kecil-kecil, memukul-mukul daging sebelum dimasak, hingga memasaknya menggunakan panci presto.

Artikel lainnya: Heboh Rumput Stadion GBK Rusak Usai Acara PDIP, PPKGBK Pastikan Gelar Persija vs PSM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait